Ada Soleh Solihun, Sederet Artis yang Bermasalah dengan Pajak

Ada Soleh Solihun, Sederet Artis yang Bermasalah dengan Pajak

Lewat akun X Soleh Solihun menumpahkan kekecewaannya kepada kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Pihak pajak menanyakan tentang pendapatan atau adsense yang diterima Soleh sebagai seorang YouTuber. Soleh dan beberapa artis lain ternyata punya masalah dengan urusan pajak. Seperti apa ceritanya?

Soleh Solihun

Terkait pendapatan atau adsense YouTube yang diterima oleh komedian dan pemain film didapatkan pada tahun 2018 lalu, itu pun selama dua bulan. Selebihnya sampai sekarang hampir lima tahun Soleh tidak lagi mendapatkan uang dari penghasilannya sebagai YouTuber. 

Soleh mengaku kanal YouTube miliknya Soleh Solihun di-suspend oleh pihak YouTube sehingga sejak saat itu ia tidak menerima adsense sama sekali. Walaupun tidak mendapat penghasilan sama sekali, mantan wartawan majalah Rolling Stone Indonesia ini tetap berkarya sebagai YouTuber, menyajikan konten berisi wawancara dengan para artis dan musisi.

Soleh pun meminta pihak DJP untuk melakukan kroscek terkait pendapatan yang diterimanya dari YouTube. Memang belum lama ini pihak DJP sudah menargetkan profesi YouTuber atau konten kreator untuk menjadi seorang wajib pajak dan melaporkan penghasilannya berupa PPh atau Pajak Penghasilan.

Soleh Solihun dan Artis Masalah dengan Pajak (JawaPos.com)

Raffi Ahmad

Sebelum Soleh Solihun, Raffi Ahmad juga pernah “disenggol” oleh orang Pajak. Kebetulan pada tahun 2017 lalu suami Nagita Slavina baru saja membeli satu unit mobil mewah Koenigsegg. Foto Raffi bersama mobil baru diunggah ke Twitter yang dulu belum berganti menjadi X.

Artis Raditya Dika bertemu Raffi dan mengabadikan momen ke sosial media. Akun DJP pun langsung nimbrung dan meminta agar ayah Rafathar ini melaporkan terkait harta kekayaannya yang baru berupa mobil mewah itu ke kantor pajak. “Tolong bilangin ke Kak Raffi, jika ada penambahan harta di tahun berjalan, jangan lupa laporkan di SPT Tahunan ya Kak @radityadika,” tulisnya.

Bayu Skak

Kejadian yang dialami Bayu Skak mirip dengan apa yang dirasakan Soleh Solihun. YouTuber dan bintang film itu dihubungi oleh pihak DJP dan mengkonfirmasi soal pendapatan yang didapatkan dari adsense YouTube. 

Pemain film Yowis Ben ini geram dengan kemunculan orang Pajak itu. Bayu Skak mengaku dirinya menjadi warga negara Indonesia yang taat akan lapor pajak tiap tahunnya dalam bentuk laporan SPT Tahunan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"