Beberapa Hal Ini Bikin Kita Boros, Nggak Bakal Berasa Deh Tiba-Tiba Udah Bokek

Beberapa Hal Ini Bikin Kita Boros, Nggak Bakal Berasa Deh Tiba-Tiba Udah Bokek

Beberapa hal ini bikin kita jadi boros loh. Nggak bakal berasa deh, tiba-tiba udah bokek aja.

Hai Paragengs yang tebel-tebel dompetnya, ketahuilah bahwa ada banyak hal "kecil" dalam kehidupan kita sehari-hari. Tapi karena kecil, kita bisa dengan mudah menyepelekannya. Padahal dampaknya bisa besar nantinya.

Contohnya ya kalo abis gajian deh. Banyak orang terbiasa membeli berbagai kebutuhan yang kadang nggak perlu-perlu amat. Namanya juga abis gajian ya, semua barang keliatannya murah aja gitu, main ambil-ambil aja deh. Siapa nih yang kayak begini?

Nah, dikutip dari berbagai sumber, simak deh beberapa hal ini ternyata bikin kita boros. Gak bakal kerasa deh kalo tiba-tiba udah bokek aja.

Kayak gini nih, bikin boros (northeastern.edu)

1. Sering beli minuman botol

Kebutuhan cairan kita sehari-hari emang harus dipenuhi gengs. Tapi biasa deh, ada yang penting dan yang gak penting. Kalo air mineral mah wajar ya, kalo kopi atau teh kemasan botol?

Tapi apa pun minumannya, dalam kemasan botol, di beli setiap hari, ya jelas boros banget lah. Kita gak bakal sadar. Makanya coba bawa botol minum sendiri dari rumah deh.

2. Jarang membandingkan harga

Jaman semaju begini, ada banyak pilihan tempat untuk berbelanja. Namun, di setiap tempat belanja tuh pasti punya harga yang beda-beda.

Nah, kita bakal jadi boros nih kalo kita gak cermat soal membanding-bandingkan harga gengs. Ini penting banget, beda harga barang ratusan perak doang ngaruh banget sama kehidupan kalian yang dinamis loh.

Pengiriman barang dari belanja online kan pake ongkos kirim tuh (gizbot.com)

3. Ongkos kirim

Salah satu kemajuan yang bisa kita rasakan sekarang adalah belanja online. Tapi belanja online kan biasanya datang dari kota-kota lain tuh. Jadi otomatis ada harga tambahan yang harus kita tebus agar barang yang kita inginkan tiba di tangan kita.

Harga tambahan yang dimaksud adalah ONGKOS KIRIM. Ini penting sih, karena seolah-olah emang nggak ada cara lain untuk mengirim barang. Kalo mau kalian jemput sendiri sih oke, tapi kalo jauh dari beda pulau gitu?

4. Beli nasi

Orang-orang Indonesia kan umumnya makan nasi tuh. Kayaknya emang belom makan aja kalo nggak ada nasi. Nah, buat yang diperantauan nih, kalian punya mesin penanak nasi gak?

Kalo nggak punya, kalian kan jadi terpaksa harus beli nasi dulu tuh buat makan. Beli nasi keliatannya emang murah sih, tapi kalo setiap hari kan ya boros juga.

Nasi beli di luar, padahal asik masak sendiri sih, ngirit! (id.wikipedia.org)

5. Persiapan yang belum dibutuhkan

Kebiasaan banget nih. Di antara kita pasti ada aja deh orang yang kalo belanja jadi kalap, hehehe. Temen kalian atau kalian sendiri pasti ada deh yang sering belanja di luar kebutuhan kalian yang paling mendesak gitu.

Ada lah orang yang tiba-tiba masuk ke pasar yang harusnya cuman beli buah-buahan atau keperluan masak, keluar-keluar bawa payung cantik yang bukan bonus beli deterjen atau doorprize. Padahal juga musim duren, bukan musim hujan atau kemarau. Hehehe.

6. Beli barang eceran

Waduh, ini mah kebiasaan yang susah dihindari juga nih sama sebagian orang. Misalnya beli telur eceran, rokok eceran, permen eceran, beras juga eceran. Ya jelas boros sih, hehehe.

Padahal kan mendingan beli yang harganya udah pas gitu, harga grosir misalnya. Toh sekarang juga udah banyak yang nawarin paket hemat gitu misalnya. Gimana?

Nge-date tuh sebenernya boros, makan di luar terus nonton juga dan pake camilan! (shutterstock.com)

7. Makan di luar terus

Makan di luar juga jadi salah satu penyebab kenapa kita jadi boros banget gengs. Kalo bisa masak ya kenapa gak masak sendiri aja gitu. 

Buat anak kos nih, boleh lah beli peralatan masak dan yang bisa masakin juga. Jadi masak dan makan nggak sendirian lagi deh. Kan enak tuh.

8. Camilan

Aduh ini juga salh satu biang keladi kenapa kalian boros banget. Camilan tuh emang enak, tapi kebanyakan cuma buat enak-enak di lidah doang. Sisanya angin gengs. Mana harganya kadang kurang bersahabat juga lagi.

Kalo kalian pengin cepet tajir, nabung deh. Jangan beli camilan terus lah. Sayang duitnya, mending buat ngelamar orang yang sering masakin kalian aja deh. Logis kan?

Jadi kira-kira itu dia beberapa hal yang bikin kita jadi boros banget. Ada baiknya kalian mulai berhemat sekarang demi masa depan gemilang jaya gengs. Hehehe.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"