Bahaya Buka Kaca Jendela Mobil Saat Macet di Kala Mudik Lebaran, Begini Penjelasannya

Bahaya Buka Kaca Jendela Mobil Saat Macet di Kala Mudik Lebaran, Begini Penjelasannya

Lebaran sebentar lagi. Momen mudik Lebaran  adalah hal yang dinanti banyak orang. Termasuk orang yang mudik menggunakan mobil pribadi. Macet saat mudik adalah hal yang sering terjadi dan harus dipersiapkan pemudik dengan baik. Saat macet dalam perjalanan mudik bisa belasan jam di jalan. Salah satu hal yang diperhatikan adalah kebiasaan membuka kaca jendela saat macet.

Membuka kaca jendela mobil saat macet disarankan tidak dilakukan. Hal itu kadang terpaksa dilakukan orang untuk menghemat BBM. Mesin dan AC dimatikan lalu kaca jendela dibuka. Menurut Dr.Prashant Kumar dari University of Surrey Inggris, ternyata mobil dalam kondisi berhenti saat macet mengandung banyak paparan partikel polusi udara.

Jumlah partikel udara itu bisa mencapai 40 persen lebih banyak dibandingkan saat mobil berjalan normal. Konsentrasi partikel di lokasi kemacetan juga mencapai 29 kali lipat dari kondisi jalanan yang lengang. Makanya masalah paparan partikel polusi udara itu membuat ancaman bagi seluruh orang di dalam mobil jika kaca jendela mobil dibuka.

Bahaya Buka Kaca Jendela Mobil Saat Macet di Kala Mudik Lebaran, Begini Penjelasannya (Viva)

Lalu bagaimana trik aman  supaya pemudik tidak merasa kepanasan saat AC dimatikan dan kaca jendela ditutup? Menurut para peneliti jika merasa kepanasan saat macet cara terbaiknya dengan menyalakan AC mobil.  Udara yang tersirkulasi secara internal bisa mencegah polusi dari luar. AC mobil juga mengurangi risiko paparan polusi saat macet.

Jadi salah satu faktor penting saat mudik Lebaran menggunakan mobil dengan menggunakan AC. Sebaiknya sebelum mobil berjalan, usahakan komponen AC dilakukan pengecekan agar bisa berfungsi dengan normal. Juga usahakan jangan kehabisan BBM karena jika BBM habis membuat mesin akan mati dan AC tidak akan bisa menyala.

Pada Lebaran 2022 kali ini Pemerintah pun memberikan kelonggaran masyarakat untuk melakukan mudik. Apalagi total libur Lebaran tahun ini selama 10 hari. Waktu yang cukup dipakai pemudik untuk melakukan perjalanan menuju kampung halaman. Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang jadi alternatif pilihan. Disamping bisa mengajak keluarga juga biayanya lebih murah dibandingkan pakai transportasi umum.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"