Apakah Jadi Ketum Parpol di Indonesia Dapat Gaji?

Apakah Jadi Ketum Parpol di Indonesia Dapat Gaji?

Menjadi ketua umum (ketum) partai politik  atau parpol  adalah jabatan yang sangat strategis. Bagaimana mereka bisa memimpin dan mengendalikan banyak kader parpol tersebut. Memiliki tanggung jawab yang cukup berat, apakah ketum parpol mendapatkan gaji setiap bulannya?

Memang tidak diketahui berapa angka nominal pastinya seorang ketum parpol mendapatkan gaji atau penghasilan. Namun yang jelas dalam sebuah parpol akan ada pemasukan uang atau dana partai yang kabarnya rutin disetorkan oleh para anggota atau kadernya.

Misalnya saja seorang anggota DPR RI yang merupakan kader partai itu, biasanya memberikan iuran yang kabarnya berjumlah jutaan rupiah untuk dana partai. Memang jumlah uang yang disetorkan setiap partai bervariasi. Selain pemasukan dari anggota partai, pemerintah juga memberikan bantuan keuangan kepada parpol setiap tahunnya yang jumlahnya cukup besar.

Apakah Jadi Ketum Parpol di Indonesia Dapat Gaji (Kompas.com)

Melansir dari Suara.com, beberapa partai sudah menentukan jumlah uang setoran para anggota kepada partainya. Misalnya Partai Demokrat yang setiap bulannya anggotanya yang menjadi anggota DPR RI harus menyetor uang sebesar Rp 5 juta. Juga ada Partai Golkar yang mewajibkan anggotanya yang jadi anggota DPR menyumbang sekitar Rp 3 juta.

Partai pemenang Pemilu 2019, PDI Perjuangan menjadi parpol yang menerima sumbangan cukup banyak dari kadernya. Sebab untuk kader yang jadi anggota DPR harus menyetorkan uang sebesar Rp 25 juta. Uang itu digunakan untuk keperluan partai dan agenda politik ke depannya.

Lalu partai yang berkiblat pada agama Islam yakni PKS dan PAN juga menerima setoran para kadernya yang jadi anggota DPR. PKS mewajibkan kadernya mengeluarkan dana sekitar Rp 20 juta. Sementara PAN menggunakan cara presentase dari gaji atau pendapatan sebagai anggota DPR sekitar 20 persen yakni Rp 20 juta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"