Jika, seandainya, kalian suatu hari tersesat di hutan ... kalian pasti bingung makan apaan. Nah, ini dia daftarnya, simak baik-baik gengs.

Jika, seandainya kalian suatu hari tersesat di hutan dan pasokan makanan terbatas, kalian harus tau solusinya. Solusinya tersedia di sekeliling kalian kok, yang penting bisa membedakan aja mana makanan yang harus dan yang nggak boleh dimakan.

Tersesat di hutan bukannya gak mungkin terjadi, dan umumnya disebabkan karena faktor cuaca. Terutama bagi kalian yang hobi naik gunung atau tergabung dalam komunitas pecinta alam di kampus.

Dalam kondisi tersebut, minimal kalian udah dibekali dengan pengetahuan makanan-makanan dari tumbuhan liar yang ada di sekeliling kalian ya. Nah, seperti dikutip dari IDN Times, ini 9 tumbuhan liar yang bisa kalian makan kalo tersesat di hutan.

1. Murbei (Morus)

1. Murbei (Morus) Buah murbei (nurcar.com)

Murbei adalah buah majemuk dengan panjang sekitar 2-3 sentimeter. Buah ini biasanya berwarna ungu saat udah mateng. Merah pas masih muda. Mirip stroberi dan rasanya manis kecut gimana gitu. Enak kok!

Biasanya, buah murbei hidup di daerah panas sedang dan subtropis. Mereka tersebar di hutan-hutan di Asia, Afrika, dan Amerika.

2. Cantigi gunung (Vaccinium varingifolium)

2. Cantigi gunung (Vaccinium varingifolium) Kayak gini nih cantigi gunung (id.wikipedia.org)

Cantigi gunung adalah buah-buahan yang banyak tumbuh di negara kita, di Pulau Jawa misalnya. Umumnya, mereka tumbuh di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl.

Daunnya bisa dimakan sebagai lalapan. Buahnya yang berwarna kehitaman bisa dimakan juga, rasanya manis dan seger. Batangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai arang tuh. Serbaguna ya!

3. Alang-alang (Imperata cylindrica Reusch)

3. Alang-alang (Imperata cylindrica Reusch) Alang-alang (pixabay.com)

Alang-alang, mosok kalian gak tau sih. Ini mah banyak banget di mana-mana. Tumbuhan liar ini di hutan bisa dimakan loh. Kalian cukup menyesap bagian bawah dekat akarnya.

Rasanya manis kayak tebu. Alang-alang juga bisa kalian gunakan sebagai obat diare atau mimisan.

4. Pohpohan (Pilea melastomoides)

4. Pohpohan (Pilea melastomoides) Ini nih pohpohan (bukalapak.com)

Pohpohan adalah tumbuhan yang populer dijadikan lalapan ya. Biasanya, tumbuhan liar ini hidup di ketinggian 700-1.750 mdpl gengs. Makanya kalian bisa menemukan tumbuhan ini saat kalian melakukan pendakian.

Daun pohpohan bisa langsung dimakan. Biasanya dijadikan lalapan oleh masyarakat di Tanah Sunda. Khasiat lainnya adalah untuk meredakan nyeri otot. Wanginya pun khas. Mudah didapat lah pokoknya.

5. Kecombrang (Etlingera elatior)

5. Kecombrang (Etlingera elatior) Kecombrang (hellosehat.com)

Kecombrang itu tanaman rempah. Kalian bisa jadikan tanaman ini sebagai tanaman hias atau dimakan gengs. Tinggal dikupas aja, terus dimakan deh.

Bijinya mirip buah delima. Di beberapa daerah, kecombrang biasa digunakan sebagai campuran untuk sayur asem atau sambel. Enak banget loh sambel kecombrang.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations