9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Pulih dari Burnout

9 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Pulih dari Burnout

Otak dan tubuh hanya bisa menahan perasaan lelah dan kewalahan bekerja dalam waktu yang tak lama.

Jika kamu terus-menerus mengalami stres tingkat tinggi tanpa mengambil tindakan untuk mengelola atau menguranginya, kamu akan mengalami kelelahan secara emosional dan fisik.

Karena kelelahan terjadi secara bertahap, kamu mungkin tidak langsung menyadari gejalanya. Namun begitu hal ini terjadi, hal itu dapat memengaruhi kemampuanmu untuk berfungsi di semua aspek kehidupan.

Jika kamu sudah mulai merasakan gejala seperti mudah lupa, sulit fokus, kehilangan arah, kehilangan banyak waktu untuk orang terdekat, frustrasi, mudah marah, lelah dan sulit tidur, itu artinya kamu mengalami burnout.

Bagaimana cara memulihkan diri dari burnout agar kesehatan fisik dan mentalmu tidak terganggu? Ikuti 9 hal ini!

1. Temukan sumbernya

Fase burnout (tirto.id)

Sulit untuk melakukan perubahan jika kamu tidak tahu persis apa yang perlu diubah, namun mengeksplorasi faktor-faktor yang berkontribusi atau sumber stres dalam hidup dapat membantu.

2. Identifikasi perubahan segera yang dapat kamu lakukan

Kamu mungkin segera mengenali beberapa cara untuk meringankan beban. Coba evaluasi komitmenmu saat ini dan pertimbangkan untuk membatalkan atau menjadwalkan ulang beberapa komitmen itu. 

3. Bicaralah dengan orang yang kamu percaya

Jika kamu merasa tidak yakin bagaimana cara mulai memilah-milah penyebab kelelahan dan mencari cara untuk meredakan stres, itu normal. Melibatkan orang tercinta yang tepercaya dapat membantumu merasa didukung dan tidak sendirian. Teman, anggota keluarga, dan mitra dapat membantumu bertukar pikiran tentang solusi.

4. Bicaralah dengan terapis

Menghadapi kelelahan bukanlah hal yang mudah, terutama jika hal tersebut telah berdampak buruk pada hubungan pribadi dan kualitas hidupmu. Seorang terapis dapat menawarkan bimbingan profesional dengan membantumu mengidentifikasi penyebab, mengeksplorasi kemungkinan metode penanggulangan, dan mengatasi tantangan hidup apa pun yang berkontribusi terhadap kelelahan.

5. Tetapkan batasan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"