7 Tanda Bahwa Kamu Kesepian, Ayo Keluar dan Berinteraksi!

7 Tanda Bahwa Kamu Kesepian, Ayo Keluar dan Berinteraksi!

Kesepian tidak selalu terlihat jelas. Menurut American Psychological Association, kesepian adalah perasaan tidak menyenangkan karena (atau merasa diri sendiri) sendirian atau menyendiri.

Karena hubungan sosial adalah salah satu dasar kesejahteraan, kesepian dapat membuat banyak hal menjadi tidak seimbang, sehingga berpotensi berdampak pada tubuh, pikiran, dan perilakumu. Jika kamu merasa mengalami kesepian, inilah yang harus diwaspadai.

1. Kamu Berharap Kamu Memiliki Lebih Banyak Teman

Gejala yang paling jelas adalah kamu berharap memiliki lebih banyak orang dalam hidupmu.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa keinginan itu adalah kunci untuk mengidentifikasi kesepian.Orang mengalami kesepian ketika jaringan sosial mereka tidak memenuhi harapan mereka, jelas psikolog Daniel Russell, PhD, dan profesor emeritus perkembangan manusia dan studi keluarga di Iowa State University di Ames, Iowa.

2. Kamu Merasa Tidak Ada Orang yang Memahamimu

Merasa tidak dipahami memang dapat berujung pada kesepian (x.com)

Saat kamu kesepian, kamu mungkin merasa tidak selaras dengan orang-orang di sekitarmu. Hal ini sangat umum terjadi dan merupakan hasil penelitian UCLA soal kesepian.

3. Kamu Merasa Sendirian — Bahkan Saat Anda Berada di Kerumunan

Tidak mengherankan, orang yang kesepian cenderung mengatakan bahwa mereka merasa sendirian. Namun, berlawanan dengan intuisi, perasaan terisolasi atau tersisih dapat tetap ada bahkan pada orang-orang yang terlihat seperti orang yang suka bersosialisasi.

4. Kamu Tidak Ingin Bersosialisasi

Tanda kesepian yang umum namun tampaknya kontradiktif adalah kamu sebenarnya kurang tertarik bersosialisasi dibandingkan biasanya. Saat kamu kesepian, memikirkan jalan-jalan malam saja sudah bisa membuatmu merasa lelah.

Pada akhirnya, kamu mungkin akan menghindari acara sosial sama sekali.

5. Tubuh Terasa Tidak Sehat

Selama beberapa dekade, para peneliti telah mengetahui bahwa kesepian yang berkepanjangan berhubungan dengan kesehatan fisik yang buruk dan bahkan kematian.

Bukti yang menghubungkan hubungan sosial dengan kesehatan fisik paling kuat terdapat pada penyakit jantung dan dampak stroke. Saran tersebut mengacu pada tinjauan penelitian yang menemukan kesepian meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 29 persen dan stroke sebesar 32 persen.

6. Kamu Memiliki Kebiasaan Berbelanja Terus



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"