Begini Kondisi Makam Para Artis Terkenal yang Memilukan, Ada yang Tanahnya Ambles, Kebanjiran, dan Tertutup Rumput Ilalang

Begini Kondisi Makam Para Artis Terkenal yang Memilukan, Ada yang Tanahnya Ambles, Kebanjiran, dan Tertutup Rumput Ilalang

Makam artis  yang sudah meninggal dunia kerap didatangi keluarga untuk berziarah dan diurus agar tetap dalam kondisi yang baik. Namun berbeda dengan makam beberapa artis terkenal ini. Kabarnya saat ini kondisi makam Dorce Gamalama dan Jojon memprihatinkan karena diduga tidak diurus oleh keluarganya. Benarkah demikian?

1.    Dorce Gamalama

Yang terbaru adalah makam Dorce yang disebut tidak diurus pihak keluarga. Belum lama ini makam Dorce masuk dalam pemberitaan karena tanah makam di kawasan Jakarta Timur itu ambles. Bisa jadi tanah makam ambles lantaran akhir-akhir ini di wilayah Jakarta sering diguyur hujan dalam intensitas cukup tinggi.

Seorang warga yang tinggal dekat lokasi makam Dorce bernama Oci sudah mengetahui soal kondisi makam Dorce yang ambles. “Mungkin waktu hujan kemarin, kondisi makam dan hujan parah ini,” ujarnya dilansir dari Suara. Sementara itu keluarga Dorce sempat datang ke makam jelang bulan puasa Ramadan 2022.

Diduga keluarga Dorce jarang datang dan kurang merawat makam tersebut. Tentu keadaan itu sangat memilukan, apalagi sampai saat ini keluarga Dorce dan anak-anak angkat masih berseteru karena memperebutkan harta warisan Dorce hingga isu pihak keluarga akan melakukan tes DNA.

Begini Kondisi Makam Para Artis Terkenal yang Memilukan, Ada yang Tanahnya Ambles dan Tertutup Rumput Ilalang (Tribun Lampung)

2.    Jojon

Makam komedian Jojon  di TPU Blender, Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat dikabarkan tak terurus. Jenazah Jojon dimakamkan di pemakaman tersebut pada 6 Maret 2014 silam. Tujuh tahun berlalu, kondisi makam Jojon sangat memprihatinkan. Dilansir dari channel YouTube Rizquna Channel, banyak rumput panjang sudah tumbuh di makam Jojon.

Makam Jojon tidak jauh dari makam kedua orangtuanya, Mapsura Dibja dan Salmiah. Menurut penjaga makam TPU Blender memberikan penjelasan kenapa makam Jojon jadi tak terurus. Menurut si penjaga makam, keluarga Jojon sudah lama tak datang ke makam untuk mengurus makam Jojon. “Udah lama nggak datang,” jelas pria itu.

Biasanya penjaga makam memang diberikan mandat atau perintah dari keluarga untuk merawat makam, diduga selama ini pihak keluarga tidak melakukannya sehingga makam pelawak senior anggota grup lawak Jayakarta ini memprihatinkan. Pengunggah video pun meminta doa kepada penggemar Jojon agar kondisi makam Jojon bisa kembali baik seperti semula.”Buat penggemar pak Jojon minta doanya,” ujar pria dalam video itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"