7 Cara Cepat Menidurkan Bayi Di Malam Hari

7 Cara Cepat Menidurkan Bayi Di Malam Hari

Bayi yang sulit tidur di malam hari bikin Moms juga susah istirahat. Berikut ini cara agar bayi mudah tidur di malam hari.

Bayi yang baru lahir butuh waktu lama untuk mengetahui perbedaan antara siang dan malam. Bayi baru akan terbiasa dengan jam tidur tertentu setelah dibiasakan. Untuk itu, Moms perlu membiasakan bayi tidur lebih awal di malam hari.

Bayi akan terbangun dua sampai empat jam untuk setiap tidur siang atau malamnya, ini berlangsung selama beberapa minggu pertama sejak kelahiran. Ketika bayi berusia 6 sampai 8 minggu, mereka mulai tidur untuk waktu yang lebih singkat di siang hari dan waktu yang lebih lama di malam hari.

Begini cara efektif menidurkan bayi dmalam hari:

1. Mainkan Suara White Noise

Mesin pemutar suara White Noise (thewirecutter.com)

Jika si kecil sering terbangun karena suara kecil, Moms memainkan musik atau suara white noise.

White noise adalah jenis musik atau suara yang mengombinasikan berbagai suara dari berbagai frekuensi.White noise bisa menutupi suara lain dan membantu bayi tidur nyenyak sepanjang malam.

Moms bisa download aplikasi atau mencari suara white noise di internet.

2. Biasakan Bayi Tidur di Jadwal yang Sama

Jadwal tidur yang sama (thepragmaticparent.com)

Bayi menyukai rutinitas tidur yang konsisten, dengan memberikan sinyal yang tepat pada bayi dapat membantunya tidur lebih tepat waktu.

Caranya dengan mengkondisikan rutinitas tidur bayi agar nyaman. Seperti memulai dengan pijatan ringan, lalu mandikan dengan air hangat. mainkan musik lembut dan berikan pelukan hangat. Pelukan terbukti dapat membantu bayi jadi lebih tenang.

3. Beri Makan Bayi Tepat Waktu

Bayi cepat tidur di malam hari karena waktu makan yang tepat. Waktu makan yang pas menjamin bayi tidur dengan nyenyak dan tidak terbangun karena kelaparan. Waktu makan malam (menyusu) bayi yang tepat adalah 30 menit sebelum waktu tidur.

Jika si kecil terbangun, tunggu hingga 10 menit sebelum menyusuinya.

4. Ranjang Terpisah

Ranjang terpisah membiasakan bayi tidur sendiri. Tidak perlu ruangan yang berbeda, cukup gunakan box bayi yang terpisah dengan ranjang ibu.

5. Matikan Lampu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"