5 Masjid Terbesar di Indonesia Selain Istiqlal, Nomor 4 Pernah Selamat dari Bencana

5 Masjid Terbesar di Indonesia Selain Istiqlal, Nomor 4 Pernah Selamat dari Bencana

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia karena memiliki kapasitas 200 ribu jemaah dan menjadi salah satu terbesar di Asia Tenggara. Selain Istiqlal ada juga loh beberapa masjid besar dan memiliki desain yang cukup unik. Masjid mana saja yang masuk dalam daftarnya?

Masjid Al-Akbar

Jika Istiqlal jadi masjid paling besar di Indonesia, ada juga Masjid Al-Akbar di Surabaya, Jawa Timur. Lokasi tepatnya masjid ini di Jalan Pagesangan, Surabaya. Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1963 hingga 1968. Jika diperhatikan desain masjid ini mirip dengan Taj Mahal yang ada di India.

Kapasitas masjid ini bisa menampung 60 ribu jemaah. Luas masjid ini sekitar 22.300 kilometer persegi dan lebar 128 meter. Untuk panjang masjid 147 meter. Yang juga menarik dari masjid ini adalah memiliki menara yang cukup tinggi sekitar 99 meter. Bentuk kubah masjid sekilas mirip dengan setengah telur dan ada 45 buah pintu dari kayu.

Masjid Terbesar di Indonesia (Wikipedia)

Masjid Islamic Centre

Masjid Islamic Centre masuk dalam daftar masjid terbesar di Indonesia. Bangunan masjid ini ada di Samarinda, Kalimantan Timur. Masjid ini memiliki 15 lantai yang bisa digunakan untuk 45 ribu jemaah beribadah. Masjid Islamic Centre berdiri di lahan yang luas sehingga memiliki area parkir yang juga luas.

Total ada 590 mobil dan lebih dari 800 sepeda motor bisa diparkir di lahan parkir masjid. Masjid ini sering didatangi banyak orang, selain untuk beribadah juga untuk melakukan wisata religi sebagai salah satu masjid besar di Kalimantan dan Indonesia.

Masjid Dian Al-Mahri

Nama Masjid Dian Al-Mahri memang lebih populer dengan nama Masjid Kubah Emas. Lokasinya ada di Depok, Jawa Barat. Masjid ini didatangi banyak orang karena kubahnya yang terbuat dari emas. Yang jelas biaya pembangunan masjid ini tidak murah. Masjid ini juga didirikan oleh pengusaha yang bernama Dian Djuriah Maimun. Sejak diresmikan pada 2006, masjid ini ramai dikunjungi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"