5 Kasus “Kakap” yang Pernah Ditangani Ferdy Sambo

5 Kasus “Kakap” yang Pernah Ditangani Ferdy Sambo

Irjen.Pol.Ferdy Sambo  memiliki karir polisi yang gemilang. Buktinya ia berhasil menyalip mantan atasannya saat berdinas di institusi Polda Metro Jaya. Sejumlah kasus besar pun pernah ditangani oleh suami Putri Candrawathi ini selama berkiprah dalam dunia kepolisian.

Sebab sebelum menjabat sebagai Kadiv.Propam Mabes Polri, ayah tiga anak ini pernah juga mengemban jabatan yang cukup mentereng, mulai dari Direktur Tindak Pidana Umum Mabes Polri, Kasubdit III Dittipidum Bareskrim Mabes Polri, Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya, dan jadi Kapolres di beberapa daerah di Jawa. Melansir dari beberapa sumber, berikut 5 kasus yang pernah ditangani Sambo.

1.    Kebakaran Gedung Kejagung

Pada tanggal 22 Agustus 2020 silam Gedung Kejaksaan Agung terbakar. Si jago merah melahap beberapa ruangan di gedung tersebut. Warganet menduga kebakaran terjadi karena ada oknum yang diduga sengaja membakar. Namun setelah dilakukan penyelidikan, polisi menetapkan 8 tersengka.

Bareskrim Mabes Polri menyebutkan bahwa nyala api terbuka atau open flame berasal dari rokok sebagai penyebab utama kebaran di lantai 6 gedung kepegawaian Kejaksaan Agung. Api cepat menyebar karena ada penggunaan bahan pembersih yang mudah terbakar di setiap lantai gedung tersebut.

5 Kasus “Kakap” yang Pernah Ditangani Ferdy Sambo (Detik.com)


2.    Bentrok Anggota FPI VS Anggota Polisi

Pada akhir tahun 2020 tepatnya di bulan Desember terjadi kasus yang cukup menarik perhatian masyarakat yakni anggota FPI melakukan aksi tembak-menembak dengan sejumlah anggota polisi yang diduga sedang mengintai Habib Rizieq di jalan Tol Cikampek, Jawa barat.

Kejadian itu menyebabkan 6 laskar FPI atau yang diduga pengawal Habib Rizieq meninggal dunia dalam aksi tersebut. Kapolda Metro Jaya Irjen. Fadil Imran memberikan pernyataan bahwa massa lascar FPI disebut menyerang polisi lebih dulu yang sedang mengawai pergerakan Habib Rizieq.

3.    Bom Sarinah Thamrin

Kejadian aksi bom di Sarinah, Jakarta pada 2016 lalu juga menjadi kasus yang ditangani Sambo kala masih bertugas di Polda Metro Jaya. Bersama polisi yang lainnya Sambo ikut membantu dalam penanganan aksi teroris tersebut.Dalam aksi keji tersebut diketahui ada beberapa teroris yang tewas.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"