5 Fakta Unik Pasukan Merah Dayak Kalimantan yang Disegani Satu Indonesia

5 Fakta Unik Pasukan Merah Dayak Kalimantan yang Disegani Satu Indonesia

Kalimantan identik dengan orang Dayak. Suku Dayak terkenal dengan sisi yang magis. Di Dayak terdapat Pasukan Merah Dayak Kalimantan yang dikenal dengan keberaniannya membela tanah Kalimantan, khususnya suku Dayak jika ada pihak-pihak yang mencoba-coba untuk melakukan penghinaan. Berikut 5 fakta unik Pasukan Merah Dayak Kalimantan.

Tugas Pasukan

Pasukan Merah Dayak Kalimantan memiliki tugas dan fungsinya. Para anggota dituntut untuk mempertahankan adat istiadat suku Dayak serta hak-hak masyarakat suku Dayak. Sejak nenek moyang dan leluhur mereka, suku Dayak dikenal memiliki adat istiadat yang harus dijaga dan dilestarikan. 

Makanya Pasukan Merah Dayak Kalimantan harus punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan leluhur suku Dayak yang sudah meninggal. Dengan kemampuan yang dimiliki, Pasukan Merah Dayak terbiasa berkomunikasi dengan para arwah.

5 Fakta Unik Pasukan Merah Dayak Kalimantan yang Disegani Satu Indonesia (Tempo.co)

Kekebalan

Bicara tentang suku Dayak tak lengkap jika tidak mengenal tentang hal-hal berbau magis. Misalnya setiap anggota Pasukan Merah Dayak Kalimantan ini dipercaya memiliki kekebalan dan kekuatan di atas rata-rata manusia. Kekuatan itu mereka percaya datang dari Sang Pencipta dan pemberian leluhur nenek moyang yang masih menyertai sampai sekarang.

Syarat

Layaknya pasukan khusus atau pasukan elite, tidak sembarang orang karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Misalnya kategori umur, mental kesiapan, dan kesanggupan untuk melakukan tugas dengan baik. Sebagai anggota pasukan ini juga memiliki banyak pantangan yang harus ditaati. Jangan sekali-sekali melanggar soal pantangan tersebut.

Misalnya anggota pasukan dilarang makan daging sapi, menjangan, anjing, ular, dan kerbau. Kemudian sebelum masuk juga harus menjalani proses pembersihan dengan cara dimandikan oleh pengurus yang memiliki kemampuan spiritual. Ritual itu disebut mangku dan ulu balang yang dilakukan di hutan untuk membersihan diri anggota pasukan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"