Pakai Senjata Sumpit Dayak, Ada Pasukan Elite TNI yang Miliki Keahlian Khusus Lakukan Sabotase dan Intelijen

Pakai Senjata Sumpit Dayak, Ada Pasukan Elite TNI yang Miliki Keahlian Khusus Lakukan Sabotase dan Intelijen

TNI  memiliki banyak pasukan elite . Salah satunya adalah Taipur yang merupakan Kompi Pengintai Tempur dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Kostrad. Taipur berdiri atas inisiasi mantan Panglima Kostrad yang menjabat di tahun 2001 lalu, Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu.

Nama Taipur mungkin jarang terdengar di  masyarakat, padahal banyak yang belum tahu bawa pasukan ini memiliki banyak keahlian khusus seperti lakukan sabotase, intelijen, dan operasi tempur dengan misi operasi khusus. Bahkan pada tahun 2011 silam, pasukan Taipur diperintahkan untuk melakukan misi pembebasan Kapal MV Sinar Kudus yang disandera perompak Somalia.

Mengutip dari Kompas.com, Taipur memiliki keahlian yang khas yakni melakukan infiltrasi ke jantung musuh secara senyap guna melakukan sabotase. Prioritas yang diberikan adalah tugas-tugas infiltrasi di gunung dan kawasan kota. Pasukan Taipur memiliki ciri khas mulai dari jenis senjata yang digunakan, yang terdiri dari senapan serbu, pistol, dan sangkur.

Punya Senjata Sumpit Dayak, Ada Pasukan Elite TNI yang Miliki Keahlian Khusus Lakukan Sabotase dan Intelijen (iNews)

Pasukan Taipur juga cakap dalam menggunakan senjata tradisional Indonesia yakni senjata asal Dayak, Kalimantan yakni sumpit Dayak. Sumpit Dayak adalah senjata tajam yang di dalamnya terdapat jarum mematikan karena di dalam jarum sendiri terdapat racun. Racun itu berasal dari campuran getah pepohonan dan bisa ular.

Penggunaan sumpit ini sudah mulai dilatih kepada para pasukan. Tak ayal kegunaan sumpit Dayak cukup penting karena bisa membantu para pasukan saat memiliki operasi senyap jarak dekat. Jarum yang dikeluarkan dari sumpit itu bisa menerjang target yang berjarak 20-50 meter.

Panjang sumpit bisa mencapai 1,9 – 2,1 meter dan memiliki beberapa bagian, di antaranya sumpit yang berbentuk pipa, anak sumpit, dan mata tombak di ujung depan. Meski bukan senjata api, tetap saja musuh yang terkena sumpit itu bisa langsung tewas seketika.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"