5 Fakta Kehidupan Putu Ayu Saraswati, Wanita yang Viral karena Jadi Tour Guide KTT G20 Bali

5 Fakta Kehidupan Putu Ayu Saraswati, Wanita yang Viral karena Jadi Tour Guide KTT G20 Bali

KTT G20 Bali memang sudah berakhir. G20 Bali berhasil membuat sosok wanita cantik Putu Ayu Saraswati atau dikenal dengan nama Ayusa jadi terkenal. Ayusa adalah tour guide para peserta G20 Bali ketika mengunjungi Taman Hutan Raya atau Tahura Ngurah Rai Mangrove pada 17 November 2022 silam. 

Kehadiran Ayusa mencuri perhatian karena ia menjadi wanita Indonesia yang berada di paling depan bersama para pemimpin negara lainnya. Ayusa saat menjadi tour guide menggunakan pakaian khas Indonesia yakni blus batik yang ia padukan dengan celana panjang putih. Ayusa memang nampak gugup saat menjadi tour guide. Memang siapa yang tidak gugup saat harus berjalan dan berbicara dengan 17 para pemimpin dunia.

Untuk mengatasi rasa gugupnya, Ayusa memiliki trik khusus seperti menulis tanda senyum di kertas yang ia bawa. Ternyata saat melihat tanda senyum membuat Ayusa untuk selalu bisa tersenyum dan mengurangi rasa gugup. Ada satu adegan lucu saat Ayusa tak sengaja terjebak di antara peserta G20 Bali.

Ia tidak bisa berjalan karena di depannya banyak pemimpin negara yang sedang berbincang membahas keindahan Tahura. Ia dengan berani mencoba melewati orang-orang penting dunia sembari mengucapkan permintaan maaf. Presiden Prancis Emannuel Macron mempersilahkannya untuk melanjutkan memandu. Siapa sebenarnya sosok Ayusa? Paragram coba merangkum 5 fakta kehidupan Ayusa yang belum diketahui banyak orang.

5 Fakta Kehidupan Putu Ayu Saraswati, Wanita yang Viral karena Jadi Tour Guide KTT G20 Bali (Instagram @ayusarw)

Keturunan Taiwan

Ayusa ternyata memiliki orangtua yang berasal dari negara berbeda. Ayu punya ayah asal Bali sementara ibunya berasal dari Taiwan. Ayusa lahir pada 6 Juli 1997. Usianya saat ini sudah genap 25 tahun. Punya darah keturunan Taiwan membuatnya berwajah oriental namun cantik.

Pintar Berbahasa Inggris

Menjadi seorang tour guide di G20 Bali tentu membuat Ayusa harus memiliki modal besar yakni pintar berbahasa Inggris. Cara bicara Ayusa ketika menjelaskan dengan bahasa Inggris kepada para peserta G20 Bali mendapat pujian. Pelafalan kata-kata yang diucapkannya sangat baik. 

Dokter

Selain punya wajah cantik dan pintar berbahasa Inggris, ternyata Ayusa adalah seorang dokter. Orangtua Ayu juga berprofesi sebagai dokter. Ayusa menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Udayana, Bali. Ia mendalami jurusan ilmu Biomedis dan mendapatkan gelar Master of Medical Science (MMSc). Ayusa sehari-hari menjalani tugasnya sebagai dokter di Rumah Sakit Sanglah Denpasar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"