Punya Kebiasaan Berlama-Lama Depan Komputer? Waspadai 5 Dampak Kesehatan Ini!

Punya Kebiasaan Berlama-Lama Depan Komputer? Waspadai 5 Dampak Kesehatan Ini!

Sekarang ini, udah bukan hal yang aneh lagi bagi banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam di duduk depan komuter. Dalam sehari, bisa belasan jam lho orang sibuk duduk cantik menatap layar, baik buat ngerjain tugas, kerja, berselancar di dunia maya, nonton, atau main game. 

Sekilas sih nggak ada yang salah ya? Toh, memang banyak aktivitas positif dan hiburan yang bisa kamu dapatkan di komputer. Tapi tau nggak sih kalau kebiasaan tersebut sama sekali nggak sehat? 

Ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi ketika kamu berlama-lama depan komputer dan ini udah berlangsung jangka panjang. Hmm.. Apa aja ya?

Dampak penggunaan komputer (pngkey.com)

Radiasi bikin pusing 

Hal paling umum ketika kamu sering berlama-lama di depan layar adalah terpapar radiasi. Nah, dampak dari radiasi ini biasanya bikin kamu jadi sering pusing dan sakit kepala. Memang sih sekarang ini udah ada layar komputer antiradasi atau kacamata antiradiasi, tapi tetaplah bijak dalam penggunaan komputer ya.

Dampak penggunaan komputer (freedesignfile.com)

Mata cepat lelah 

Berjam-jam depan komputer emang wajar sih kalau akhirnya bikin mata lelah. Untuk mengatasinya, kamu bisa sering-sering istirahat dengan melihat benda yang jaraknya jauh dan  mengedipkan mata. Sebaiknya, batasi juga waktu penggunaan komputer. Kalau tugas utama sudah selesai, bisa mencari hiburan lain, tanpa layar komputer maupun ponsel. 

Carpal tunnel syndrome

Salah satu penyakit yang bisa mengintai kamu adalah carpal tunnel syndrome. Jadi ini tuh disebabkan oleh tertekannya sistem saraf yang terletak di bawah pergelangan tangan.  Akibatnya, tangan dan jari jadi sakit. Setelah itu, rasa sakitnya bisa menjalar ke area bahu dan leher. Dampak paling parahnya, sindrom ini bisa melemahkan otot. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"