Pakai 5 Cara Ini untuk Membedakan Madu Asli dan Palsu

Pakai 5 Cara Ini untuk Membedakan Madu Asli dan Palsu

Madu banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan berbagai manfaatnya. Kamu bisa minum madu untuk obat batuk, pengganti gula bagi yang diabet atau diat, antioksidan, daya tahan tubuh, dan masih banyak lagi.

Karena sejuta manfaat tersebut, madu banyak dicari sehingga bisa jadi sumber pendapatan yang menjanjikan. Sayangnya, karena fungsinya yang seabrek dan digemari banyak orang. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang kemudian memanfaatkan peluang untuk menjual madu palsu.  

# Apa itu Madu?

Madu asli adalah bahan nektar yang didapatkan lebah dari bunga. Nektar yang didapatkan lebah kemudian dikumpulkan di sarang lebah. Di sarang tersebut kemudian akan terjadi pengolahan antara enzim yang dihasilkan lebah dengan nektar dari bunga. Lalu terjadilah proses fermentasi. Dari proses tersebut, terbentuklah madu asli.

Karena prosesnya yang panjang dan membutuhkan banyak lebah, itulah mengapa harga madu asli cukup mahal. 

# Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Madu asli di sarang lebah (review.bukapak.com)

Madu asli yang dijual di pasaran seharusnya adalah madu hasil nektar yang difermentasi dengan enzim lebah tadi, tanpa campuran apa pun. Maka, untuk memastikan bahwa kamu membeli madu yang asli, coba pakai 5 cara ini ya!

1. Gunakan Korek Api

Gunakan korek api kayu untuk mengecek madu. Caranya, lumuri ujung korek api dengan madu, lalu coba nyalakan dengan menggosoknya. Jika korek itu menyala, maka madu yang kamu beli asli. Kalau tidak, bisa jadi madu itu campuran atau malah bukan madu.

2. Teteskan Madu ke Air



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"