Menurut Penelitian, Minum Kopi Sekali dalam Seminggu Baik untuk Kesehatan dan Bisa Mencegah Hal Ini

Menurut Penelitian, Minum Kopi Sekali dalam Seminggu Baik untuk Kesehatan dan Bisa Mencegah Hal Ini

Ada kabar gembira nih buat para penikmat kopi. Di balik pro kontra manfaatnya, kopi masih saja digandrungi oleh sebagian besar masyarakat.

Menurut sebuah penelitian, minum kopi secara teratur seminggu sekali bisa bantu turunkan risiko kematian dini, khususnya pada para penyintas serangan jantung lho gengs. 

Bahkan tak hanya untuk orang yang sakit, orang dewasa yang sehat pun bisa mendapat manfaat dari minum kopi kok.

Dilansir dari laman Insider, orang-orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi setiap pekan berisiko 14% lebih rendah mengalami kematian daripada mereka yang tidak teratur mengkonsumsinya. 

Ilustrasi Minum Kopi (Fajar Online)

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan tanggal 4 Februari 2021 di Stroke, Jurnal American Heart Association.

Para peneliti dari Osaka University, University of Tsukuba, dan Hokkaido Universtity di Jepang memeriksa data dari 46.000 orang Jepang dewasa, melacak kebiasaan minum teh dan kopi serta dampaknya pada kesehatan mereka. 

Mereka yang minum minimal satu cangkir kopi setiap pekan berisiko 14% lebih rendah mengalami kematian dan bagi para penyintas serangan jantung dampaknya lebih besar, yaitu mengurangi risiko kematian dini sebanyak 22%.

Lebih lanjut, kelompok yang tidak mendapat manfaat dari minum kopi adalah orang-orang yang punya riwayat stroke. 

Para peneliti menemukan mereka mendapat lebih banyak manfaat dari minum banyak teh hijau, setidaknya tujuh cangkir per hari mengurangi risiko kematian dini mereka sebanyak 62%. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"