Kenapa Ibu Hamil Dilarang Makan Mie Instan, Pahami Faktanya

Kenapa Ibu Hamil Dilarang Makan Mie Instan, Pahami Faktanya

Mie instan adalam makanan yang murah, mudah dibuat dan lezat, akan tetapi mie instan bukan makanan yang bergizi dan tidak boleh dikonsumsi setiap hari. Lalu jika seorang ibu hamil mengidam makan mie, apakah boleh sesekali menyantap makanan lezat tersebut?

Dikutip dari situs resmi World Instant Noodle Association (WINA), kandungan karbohidrat dalam mie instant sangat tinggi karena terbuat dari tepung terigu. Tidak hanya karbohidrat, mie instan juga tinggi kalori dan juga tinggi kandungan MSG yang menjadikan rasanya sangat gurih. Hal ini dapat memicu masalah kesehatan jika dikonsumsi saat hamil, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.

Makan Mie Instan (via Alodokter)

Lalu, apakah saat hamil boleh makan mie instan? Boleh saja asalkan tidak terlalu banyak. Sejatinya mie instan tidak diperbolehkan dikonsumsi setiap hari, bukan pada ibu hamil saja tetapi untuk semua kalangan. Jika ibu hamil makan mie 3 kali dalam sehari, lalu kalikan jumlah bahan pengawet dengan 3 kali konsumsi.

Hasilnya adalah ibu hamil tersebut sudah mengkonsumsi Natrium Benzoat sebanyak 1,05 mg/kg berat badan dan Natrium Metabisulfit 1,2 mg/kg berat badan dalam sehari. Sedangkan batas maksimal asupan pengawet untuk Natrium Benzoat adalah sebanyak 0,5 mg/kg berat badan dan Natrium Metabisulfit 1,2 mg/kg berat badan dalam sehari.

Selain bahan pengawet yang tinggi, dalam mie instan juga tinggi kadar garam. Bila wanita hamil mengkonsumsi mie instan lebih dari satu dalam sehari, ini akan melebih jumlah asupan garam yang masuk dalam tubuh. Sedangkan asupan garam yang dikonsumsi dari makanan lain untuk memenuhi gizinya ketika hamil sudah mencukupi kadar garam yang dibutuhkan untuk setiap harinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"