Bekal Ramadan: Efek Tidak Makan Sahur Bagi Kesehatan Lengkap Tips Biar Kuat Puasa Seharian

Bekal Ramadan: Efek Tidak Makan Sahur Bagi Kesehatan Lengkap Tips Biar Kuat Puasa Seharian

Sahur adalah kegiatan menyantap makanan pada dini hari untuk memberi cadangan energi pada tubuh sebelum menjalani ibadah puasa selama seharian penuh. Sahur terbilang sebagai waktu yang amat krusial saat berpuasa agar tubuh tidak lemas saat beraktivitas.

Tapi terkadang, ada orang yang terlalu lelah di malam sebelumnya hingga akhirnya melewatkan makan sahur karena bangun kesiangan. Meski begitu, banyak orang yang merasa mampu untuk tetap menjalani ibadah puasa tanpa perlu makan sahur. 

Tapi tahukah kamu kalau kebiasaan tidak makan sahur saat puasa ini bisa berisiko terhadap gangguan kesehatan loh! Lantas bagaimana cara agar kuat puasa jika tidak sahur. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Efek yang Terjadi Pada Tubuh Saat Tidak Makan Sahur

Efek Tubuh Jika Tidak Makan Sahur (Ayo Semarang)

Menurut Marwati, Ners, M.Kep, dosen STIKes Ahmad Dahlan Cirebon, pada dasarnya kamu tidak disarankan untuk puasa tanpa sahur terlebih dahulu. Sebab, hal ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti pusing, konstipasi (sembelit) sampai nyeri perut (gerd).

Selain itu, tubuh juga akan mengalami peningkatan resiko dehidrasi, penurunan daya tahan tubuh hingga hipoglikemi yakni rendahnya kadar gula darah di dalam tubuh. Marwati juga menjelaskan efek yang terjadi pada tubuh jika hanya sahur dengan air putih saja.

Rupanya, minum air putih saja saat sahur bisa sampai mengakibatkan pingsan. "Jika sahur hanya minum air putih saja meningkatkan resiko mengalami hipoglikemi yang akan mengakibatkan sakit kepala dan pingsan," ungkap Marwati Ners, M.Kep, kepada Paragram.id.

Tips Agar Tetap Puasa Tanpa Makan Sahur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"