Begini Kisah Mulan, Prajurit Legendaris yang Menolak Dijadikan Selir Raja

Begini Kisah Mulan, Prajurit Legendaris yang Menolak Dijadikan Selir Raja

Dunia mengenal sosok Mulan lewat film animasi Disney berjudul "Mulan" produksi tahun 1998. Dalam film animasi Disney itu, Mulan memang digambarkan sebagai sosok prajurit perempuan yang menyamar jadi laki-laki.

Film animasi itu diadaptasi dari kisah tentang Mulan di dunia nyata. Jadi sebenernya, Mulan tuh beneran ada gak sih?

Kisah tentang Mulan sebenarnya berasal dari sebuah balada dari China. Tepatnya adalah sebuah puisi berjudul "Ballad of Mulan" yang erat kaitannya dengan sejarah peradaban ribuan tahun Bangsa China.

Mulan dalam film animasi Disney (teenvogue.com)

Hua Mulan pernah diceritakan dalam balada dari China (pinterest.com)

Puisi itu pernah ditemukan dan terdiri dari 31 bait. Sejak ditemukan, banyak orang yang menceritakan kembali kisah itu dengan banyak variasi. Tapi alur ceritanya kurang lebih selalu sama.

Balada tentang Mulan menceritakan kisah Hua Mulan, sang prajurit legendaris. Dia hidup pada masa Dinasti Utara dan Selatan, sekitar tahun 386-589 Masehi silam.

Mulan dikisahkan hidup bersama kedua orang tuanya. Ayahnya, Huan Hu, adalah salah satu rakyat Dinasti Utara yang diwajibkan bergabung menjadi tentara. Namun ketika ayahnya mulai menua, Mulan pun memutuskan untuk menggantikan posisi ayahnya sebagai prajurit.

Mulan selalu khawatir akan ayahnya yang tidak bisa bertahan jika harus bertempur di medan peran.

Mulan kemudian mendaftarkan diri menjadi prajurit China. Tapi dia menyembunyikan identitasnya dan mendaftar sebagai laki-laki.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"