Valve Hentikan Penjualan Kunci Kotak Loot CS:GO

Valve Hentikan Penjualan Kunci Kotak Loot CS:GO

Kebijakan Valve kala mengizinkan pemain Counter Strike: Global Offensive untuk membeli dan menjual kembali item kunci untuk mengakses kotak loot dalam game sudah tidak berlaku lagi. 

Perusahaan telah mengumumkan bahwa pasar jual beli item tampaknya telah diambil alih oleh jaringan penipuan besar sebagai cara pencucian uang. 

Di blog CS:GO, seorang staf Valve yang tidak disebutkan namanya menulis bahwa "hampir semua pembelian utama yang akhirnya diperdagangkan atau dijual di pasar diyakini bersumber dari penipuan."

Valve hentikan penjualan kunci kotak loot CS:GO (engadget.com)

Lantas bagaimana modus penipuan kunci kotak loot ini bisa terjadi? Saat bermain CS:GO, jika kalian menemukan kotak loot, kalian harus membayar Valve sejumlah uang nyata untuk mendapatkan item kunci dan selanjutnya membuka kotak tersebut. 

Tetapi hingga saat ini, ada peluang untuk membeli kunci kotak loot dan menjualnya kepada teman dan musuh sehingga kalian akan mendapat keuntungan. 

Tentu saja, masuk akal bahwa sistem perdagangan anonim semacam itu, meskipun melibatkan angka yang relatif sekecil, dapat digunakan untuk membersihkan uang kotor, tetapi Valve belum mendukung klaimnya dengan bukti apa pun.

Ini bukan pertama kalinya video gim CS:GO dikaitkan dengan beberapa praktik tak etis. Kembali pada tahun 2017, sepasang YouTubers mengarahkan penggemar mereka untuk mengunjungi situs web perjudian CS: GO, namun mereka lupa agar tidak menyebutkan pemilik situs tersebut ternyata mereka sendiri.

Valve hentikan penjualan kunci kotak loot CS:GO (esportsportal.com)

Pengguna yang telah membeli kunci kotak loot CS:GO sebelum Senin 28 Oktober akan tetap dapat menjual dan memperdagangkan. Tapi mulai sekarang, kunci tersebut tidak akan dapat berpindah tangan. 

Dan kemungkinan bahwa perubahan akan berdampak pada mata uang dalam game lainnya yang dapat dijual dengan cara sama. 

Pemerintah AS melalui Departemen Kehakiman dan FBI mungkin juga akan memantau apa yang Valve temukan, bagaimanapun praktik pencucian uang dan penipuan adalah tindak kriminal besar.

Nilai uang cukup besar dalam dunia video gim akhir-akhir ini, serta pemanfaatan yang masih belum terbuka luas, penipuan atau pencucian uang melalui kunci kotak loot CS:GO sangatlah mungkin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"