Ternyata Ini Penyebab Kenapa Koneksi Internet Jadi lemot Ketika Hujan

Ternyata Ini Penyebab Kenapa Koneksi Internet Jadi lemot Ketika Hujan

Koneksi internet mungkin melibatkan berbagai jenis tautan fisik, termasuk kabel tembaga yang digunakan di jaringan telepon lama dan koneksi serat optik yang lebih modern. Mungkin juga ada koneksi nirkabel yang terlibat, seperti WiFi, microwave, dan radio satelit.

Ketika hujan, kabel, terutama jika jaringan telekomunikasi menggunakan infrastruktur lama, dapat mengalami kerusakan fisik.

Apalagi, sebagian besar pemasangan kabel internet berada di bawah tanah, jadi jika ada banjir, uap air dapat masuk ke kabel atau konektornya. Ini dapat secara signifikan mengganggu sinyal atau bahkan memblokirnya sepenuhnya, dengan mengurangi bandwidth atau menyebabkan korsleting listrik.

Fiber optik (cukupti.blogspot.com)

Tapi bukan hanya koneksi rumahmu yang bisa terpengaruh. Sinyal nirkabel di luar rumah atau gedung dapat dipengaruhi oleh curah hujan karena tetesan air dapat menyerap sebagian sinyal, yang dapat mengakibatkan tingkat jangkauan yang lebih rendah.

Bahkan setelah hujan berhenti, efeknya masih bisa dirasakan. Kelembaban yang tinggi dapat terus mempengaruhi kekuatan sinyal nirkabel dan dapat menyebabkan kecepatan koneksi yang lebih lambat.

# Penyebab Lain Koneksi Internet Lemot Saat Hujan

Ada juga faktor perilaku. Saat hujan, lebih banyak orang mungkin memutuskan untuk tinggal di dalam rumah atau bekerja dari rumah. Perilaku ini mengarah pada peningkatan penggunaan jaringan. Ketika sejumlah besar orang meningkatkan penggunaan internet mereka, bandwidth terbatas yang tersedia dikonsumsi dengan cepat, mengakibatkan perlambatan yang nyata.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"