Tahu Gak Sih! 1 Tahun di Pluto Setara 248 Tahun di Bumi

Tahu Gak Sih! 1 Tahun di Pluto Setara 248 Tahun di Bumi

Seperti yang kita ketahui Pluto adalah planet yang letaknya jauh dari matahari dan dikategorikan sebagai planet terkecil.

Pada tahun 2006 silam Pluto beserta tiga objek lain di tata surya yang memiliki ukuran yang hampir sama dengan Pluto yaitu Makemake, Eris dan Ceres.

Pluto (Wikipedia.org)

Dilansir dari Okezone.com, Bersama dengan planet kerdil lainnya, Pluto terletak di Sabuk Kuiper. Layaknya planet lain yang tinggal di Sabuk Kuiper, Pluto terdiri dari batu dan es.

Pluto adalah objek terbesar yang diketahui di wilayah Sabuk Kuiper. Beberapa menyebutnya “Raja sabuk Kuiper”.

Satu hal yang pasti, Pluto memiliki lingkungan yang sangat aneh. Ketika planet lain mengorbit pada Matahari, Pluto tidak mengorbit pada Matahari.

Jika Anda tinggal di Pluto, Anda harus hidup 248 tahun di Bumi untuk merayakan ulang tahun pertama Anda di Pluto. Hal itu dikarenakan letak Pluto yang sangat jauh dengan Matahari, bahkan terangnya cahaya Matahari di Pluto sama dengan cahaya dari bulan purnama di Bumi.

Selain itu, jika Anda tinggal di Pluto, Anda akan melihat Charon (satelit terbesar Pluto) hanya dari satu sisi planet. Orbit Charon di sekitar Pluto membutuhkan sekitar enam setengah hari di Bumi.

Jadi Charon selalu “melayang” di tempat yang sama di permukaan Pluto, dan sisi yang sama dari Charon selalu menghadap Pluto.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"