Spotify Akan Maksimalkan Pasar Podcast

Spotify Akan Maksimalkan Pasar Podcast

Strategi Spotify untuk bermain-main di pasar podcast tampaknya mulai terbayar, setidaknya menurut laporan keuangan terbaru perusahaan. Pada kuartal ketiga 2019, Spotify menyebutkan "pertumbuhan eksponensial" di podcast, dengan jumlah pendengaran meningkat 39 persen hanya dalam tiga bulan. 

AS adalah konsumen terbesar dari format ini, tetapi Spotify juga melihat di sejumlah besar pendengar negara-negara Eropa. Banyak orang yang sekarang datang ke Spotify hanya untuk mendengar podcast. Dan hal tersebut juga mendongkrak jumlah pelanggan yang mendaftar layanan premium.

Perusahaan kali ini sedang melakukan penelitian untuk menganalisis lebih lanjut data terkait pasar podcast dan pendaftaran premium. Dan sementara ini mereka percaya bahwa itu "menjadi sesuatu yang istimewa." 

Spotify akan maksimalkan pasar podcast (insidehousing.co.uk)

Jika terbukti benar, Spotify akan berusaha menguasai pasar tersebut dengan mengunci sejumlah kanal podcast eksklusif yang hanya bisa diakses melalui langganan berbayar. Mereka mungkin akan menarapkan strategi seperti Netflix dengan menghadirkan sejumlah pertunjukan baru dan original.

Untuk mencapai hal ini, Spotify tentu juga harus menyediakan fitur yang sangat membantu para konten kreator. Seperti kemudahan membuat podcast sendiri dari dalam aplikasi. Peneliti Jane Manchun Wong menemukan tombol "Buat Podcast" tersimpan di dalam aplikasi. 

Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi untuk membuat podcast yang dibeli Spotify bernama Anchor tak lama lagi akan segera diintegrasikan. Dan, dengan pembelian SoundBetter, perusahaan akan memiliki cara bagi siapa saja yang butuh memproduksi musik juga.

Spotify akan maksimalkan pasar podcast (gab-design.com)

Total pengguna yang membayar telah meningkat dari 108 juta di kuartal terakhir menjadi 113 juta untuk saat ini. Jumlah ini mendekati target teratas yang ditetapkan Spotify untuk dirinya sendiri pada musim panas.

Kenaikan ini memang sebagian besar dari kampanye mereka, seperti memberikan uji coba premium secara gratis atau menawarkan berlangganan secara bersama-sama. Akan tetapi kampanye ini membutuhkan biaya, dan Spotify sedang mempertimbangkan untuk menaikkan harganya untuk menutupi kekurangan tersebut.

Dan perang Spotify dengan Apple atas integrasi Siri tampaknya telah mencapai akhir yang bahagia. Lagipula, Siri di iOS 13 sekarang dapat memungkinkan kalian memutar lagu Spotify dari command suara, dan sekarang ada aplikasi Spotify di kotak TV Apple.

Antara akhir kuartal terakhir dan sekarang, Spotify telah menjadi subjek dari beberapa berita baik yang seharusnya meningkatkan moral. Kita tunggu saja bagaimana rencana kelanjutan perusahaan untuk meraup untung lebih banyak lagi dari pasar podcast.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"