Sejarah Perkembangan Headphones, Dimulai dari Telepon Operator Hingga Hanya untuk Gaya-Gayaan

Sejarah Perkembangan Headphones, Dimulai dari Telepon Operator Hingga Hanya untuk Gaya-Gayaan

Headphone pertama kali ditemukan di tahun 1890. Kala itu headphones berguna untuk operator telepon. Headphones saat itu adalah lubang suara tunggal yang diletakkan di bahu pengguna dan beratnya lebih dari 10 pon.

Tak lama kemudian datanglah Electrophone. Diciptakan di Inggris pada tahun 1890-an, layanan berlangganan ini (£5 per tahun) memungkinkan pelanggan untuk masuk ke switchboard dan terhubung ke pertunjukan langsung dari teater di seluruh London. Hal-hal mutakhir di dunia pra-radio!

Berikutnya, seperti inilah perjalanan sejarah headphones yang sampai pada akhirnya jadi salah satu gawai paling melekat pada keseharian kita.

Pionir headphones di tahun 1800-an (tekno.kompas.com)

1. Tahun 1910

Kemudian di tahun 1910 Insinyur Nathaniel Baldwin menemukan sepasang headphone audio pertama yang menyerupai pasangan modern di meja dapurnya. Angkatan Laut kemudian memesan 100 pasang, tanpa mengetahui bahwa Baldwin membuatnya dengan tangan.

2. Stereo - 1958

Pada tahun 1958, John Koss menulis ulang buku peraturan ketika ia menciptakan headphone stereo pertama, Koss SP-3. Model awal tidak lebih dari speaker mini yang dilapisi karton dan busa sofa, tetapi dampaknya sangat besar.

Tak sekadar peralatan komunikasi radio dan perangkat keras penerbangan, pecinta Jazz Koss datang dengan sesuatu yang murni untuk musik. Dari situlah kemudian revolusi headset sebagai alat untuk mendengarkan musik muncul.

3. Walkman - 1979



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"