Robot Mini Cheetah Buatan MIT Dapat Bermain Seperti Hewan Nyata

Robot Mini Cheetah Buatan MIT Dapat Bermain Seperti Hewan Nyata

Proyek membuat robot tidak hanya memikirkan bagaimana serangkaian metal dan otot bionik bekerja seperti makhluk hidup sungguhan. Para insinyur di MIT (Institut Teknologi Massachusets) juga berharap robot Mini Cheetah yang sedang mereka kerjakan ini dapat bersosialisasi dengan alami. 

Tak hanya menunjukan kemampuan melompat backflip dan akrobatik lainnya, robot Mini Cheetah ini ternyata juga bukan makhluk soliter. Departemen Biomimetik kampus tersebut telah memposting video sembilan bot yang bermain-main di dalam tumpukan guguran daun layaknya hewan nyata. 

Robot Mini Cheetah buatah insinyur MIT (engadet.com)

Meskipun robot-robot ini tidak bergerak dengan kemampuan ini, tetapi demo dari video di bawah ini memperlihatkan bahwa hewan berkaki empat berukuran sedang ini dapat melakukan gerakan yang lebih bersifat sosial, alih-alih mekanik saja.

Mesin yang dikendalikan dari jarak jauh tersebut dapat meloncat keluar dari tumpukan daun, menendang bola, dan kadang saling bercengkrama dengan sesama robot yang lain. 

Meski tidak bisa dibayangkan aksi berguling-guling sambil saling menggigit seperti kucing dan anjing pada umumnya. Yang mereka lakukan lebih seperti melancarkan 'bodyslam' ke sesama robot.  

Bahkan sejumlah Mini Cheetah ini dapat melakukan tarian yang terkoordinasi. Ya kali saja kalian benar-benar penasaran bagaimana para robot akan bersosialisasi dengan sesama robot. Semisal ketika proyek robot dari rival Boston Dynamics selesai pengerjaanya.

Peragaan robot dari sejumlah insinyur MIT di atas seperti menggambarkan bagaimana proyek Mini Cheetah bergerak ke depan. Sekarang, bot terbukti berfungsi dengan baik. Sedangkan MIT sendiri baru membangun armada robot yang boleh dipinjam keluar selama digunakan untuk proyek penelitian.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"