Ransomware Berulah Lagi, Kali Ini serang Ratusan Bisnis di AS

Ransomware Berulah Lagi, Kali Ini serang Ratusan Bisnis di AS

Dilaporkan ransomware berulah kembali, kali ini menyerang ratusan unit bisnis di Amerika Serikat. Kabarnya ransomware tersebut telah membajak perangkat lunak manajemen teknologi dari pemasok Kaseya yang banyak digunakan oleh para pebisnis AS.

ilustrasi ransomware (freepik)

Dilansir dari FP, hacker mengubah perangkat lunak Kaseya yang bernama VSA dengan mengenkripsi arsip digital pelanggan secara bersamaan.VSA sendiri merupakan perangkat yang disediakan Kaseya untuk pelanggannya sebagai alat mengelola jaringan komputer dan mencetak dari sebuah alat tunggal.

Kaseya mengatakan telah mendeteksi serangan tersebut sejak dini dan segera mematikan server sebagai langkah pencegahan pertama. Kaseya juga dalam pernyataannya mengungkapkan telah memberitahukan hal ini kepada sejumlah klien dan meminta mereka untuk menonaktifkan perangkat VSA sebagai tindakan pencegahan sementara.

Hal ini diteliti oleh perusahaan keamanan cyber Huntress yang dipilih untuk melacak penyerangan tersebut. Hunters mengklaim serangan itu terjadi menjelang hari libur kemerdekaan AS yang umumnya bisa terjadi lebih dari seribu serangan siber ransomware ke kegiatan bisnis di negara tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"