Merinding! Begini Kondisi yang Akan Terjadi di Bumi Jika Tiba-Tiba Berhenti Berputar

Merinding! Begini Kondisi yang Akan Terjadi di Bumi Jika Tiba-Tiba Berhenti Berputar

Kita tahu sejak dulu, jika Bumi selalu berputar. Kondisi ini juga dikenal dengan istilah revolusi dan rotasi. 

Revolusi merupakan gerak Bumi yang mengitari Matahari. Sedangkan rotasi adalah perputaran Bumi pada porosnya. 

Lalu, pernahkah kamu membayangkan apa jadinya bila Bumi  mendadak berhenti berputar atau berotasi? Banyak ilmuwan yang meyakini jika sulit untuk menghentikan Bumi yang berputar. Bisa saja hal ini terjadi jika benda besar angkasa seperti planet lain menabrak Bumi. Namun kemungkinan besarnya, Bumi bakal terus berputar dengan membalik arah rotasi.

Nah, jika kita membayangkan Bumi berhenti berputar, yang terjadi tentunya akan sangat menyeramkan.

Dikutip dari laman  Space, Selasa (24/1/2023), bila Bumi mendadak berhenti berputar, maka kita tak akan tiba-tiba terlempar ke luar angkasa karena masih adanya gravitasi Bumi yang menahan kita.

Ilustrasi bumi (tribun news)

Yang pasti, tak banyak perubahan yang terjadi bila Bumi berhenti berotasi namun masih berevolusi. Pertama, satu hari bakal berjalan selama setengah tahun, begitu juga saat malam hari. Ini juga akan mempengaruhi iklim di Bumi.

Di siang hari, Bumi akan menjadi lebih panas. Sedangkan di malam hari, suhu Bumi berubah drastis di bawah beberapa derajat. Perubahan temperatur suhu inilah yang juga akan menimbulkan angin kuat.

Angin juga bakal bertiup dari daerah hangat pada sekitaran khatulistiwa ke kutub yang dingin. Lalu pada Bumi yang berputar, hal ini tak akan terjadi karena angin dibelokkan ke samping.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"