Mengenal Apa Itu Coinbase, Dompet Kripto Pertama yang Melantai di Bursa Saham

Mengenal Apa Itu Coinbase, Dompet Kripto Pertama yang Melantai di Bursa Saham

Belum lama ini, mata uang kripto atau cryptocurrency Bitcoin mencetak sebuah rekor baru sekaligus tertinggi dalam sejarah. Pasalnya, harga Bitcoin per kepingnya kini mencapai USD 63.388 atau setara dengan Rp924,55 juta per keping.

Ternyata, salah satu hal yang menyebabkan naiknya harga Bitcoin hingga mencapai rekor baru ini adalah karena para investor menanti startup dompet kripto yang bernama Coinbase yang akan melakukan penawaran umum perdana (IPO)

# Apa Itu Coinbase?

CEO Coinbase, Brian Armstrong (twitter.com)

Coinbase adalah sebuah platform perdagangan sekaligus dompet mata uang kripto asal Amerika Serikat yang diluncurkan pada Juni 2012.

Coinbase kini resmi mencatatkan diri ke bursa saham AS di Nasdaq dengan kode COIN pada 15 April lalu. Harga saham Coinbase sendiri dibuka pada angka USD381 per saham atau sekitar Rp5,5 juta (kurs Rp14.600)

Dengan begitu, Coinbase otomatis jadi perusahaan kripto pertama yang melantai di bursa saham.

# Dua Orang di Balik Lahirnya Platform Coinbase

Mantan Engineer Airbnb, Brian Armstrong, dan mantan trader di bank investasi AS Goldman Sachs, Fred Ehrsman, adalah dua orang di balik lahirnya platform Coinbase.

Coinbase disebut sebagai platform mata uang kripto populer karena memiliki interface yang intuitif dan ramah bagi pemula.

Dengan platform uang kripto ini, pengguna bisa membeli, menjual, dan mengelola mata uang kripto yang ia miliki. Pengguna juga bisa membeli mata uang kripto dengan rekening bank atau kartu debit.

Coinbase juga menyediakan layanan dompet digital yang bisa digunakan pengguna untuk menyimpan berbagai aset kripto, termasuk NFT.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"