iPhone 15 Berencana Pakai Kabel USB-C, Tapi Pengguna Gak Bisa Pakai Jenis Kabel Sembarangan

iPhone 15 Berencana Pakai Kabel USB-C, Tapi Pengguna Gak Bisa Pakai Jenis Kabel Sembarangan

iPhone 15 series rencananya bakal menggunakan port USB-C, namun pengguna nantinya gak bisa menggunakan sembarangan kabel.

Menurut ShrimpApplePro, iPhone 15 bakal mengandalkan kabel bertipe USB-C yang punya sertifikat Made for iPhone (MFi). Melalui cuitannya di Twitter, Foxconn sudah memproduksi massal aksesoris yaitu EarPods maupun kabel yang sesuai dengan sertifikat Apple.

MFi sendiri adalah program sertifikasi yang diluncurkan Apple di tahun 2012 setelah iPhone 5 melalui port Lightning. Produsen pihak ketiga bisa saja memproduksi aksesoris lain yang sesuai standar Apple, namun mereka mesti membayar lisensi sebesar USD 100 per tahun ke pihak Apple.

Aksesoris Lightning bakal punya sertifikat MFi yang punya  integrated circuit (IC) untuk mastiin keaslian komponennya.

iPhone 15 menggunakan kabel USB-C (suara)

Nah, aksesoris dari pihak ketiga yang tak bersertifikat ini gak akan punya chip yang sama sehingga nantinya akan muncul peringatan berupa ‘'This accessory is not supported' jika dihubungkan ke perangkat Apple.

Bila port USB-C di iPhone 15 cuma mendukung charger maupun aksesoris yang bersertifikat, itu artinya pengguna gak bisa memakai USB-C yang sudah mereka punya saat ini. Sebab, charger tersebut tidak dilengkapi dengan sertifikat MFi. 

Selain itu, kabel USB-C yang gak ada sertifikat, nantinya bakal mempersulit proses charging maupun transfer data.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"