Huawei Ternyata Punya Andil Besar dalam Perkembangan 5G, Tapi Kok Mereka Dilarang Buat HP 5G?

Huawei Ternyata Punya Andil Besar dalam Perkembangan 5G, Tapi Kok Mereka Dilarang Buat HP 5G?

Perkembangan 5G cukup kompleks, bahkan standarisasinya pun diciptakan oleh banyak perusahaan. Dan salah satu perusahaan yang punya peran besar dalam perkembangan 5G ini adalah Huawei.

 

3rd Generation Partnership Project (3GPP) merupakan badan yang mengembangkan teknologi 5G, dan di dalamnya terdapat beberapa perusahaan, salah satunya adalah Huawei.

 

Menurut ABI Research, Huawei telah menciptakan 15 ribu kontribusi yang sudah disetujui untuk mengembangkan 5G dari 43 ribuan total dari kontribusi mereka.

 

Menurut laporan Phone Arena, Huawei tercatat sebagai perusahaan infrastruktur di 3GPP bersamaan dengan Ericsson dan Nokia.

Ilustrasi handphone dengan sinyal 5G (pexels)

 

Lalu, ada pula Samsung yang menduduki peringkat ke 5, ZTE di peringkat 6 dan NEC di peringkat 20. Sedangkan perusahaan pencipta chip dalam daftar tersebut adalah Qualcomm, Intel dan MediaTek.

 

Kemudian perusahaan yang membuat handset adalah LG di peringkat ke 8, Vivo peringkat 10, Oppo peringkat 12, Apple peringkat 15, Lenovo ke 16 dan Xiaomi peringkat 18.

 

Jadi bisa disimpulkan jika Huawei merupakan perusahaan yang menyetor banyak teknologi 5G ke 3GPP daripada perusahaan lainnya. Tapi sayang, Huawei sendiri sampai sekarang tak diizinkan untuk membuat HP dengan jaringan 5G.

 

Hal ini masih berkaitan dengan masuknya Huawei ke Entity List alias daftar hitam pemerintah AS. mereka memang bisa memakai chip sekelas Snadpdragon 8+ Gen 1, tetapi kemampuan 5G-nya sudah dipangkas sehingga cuma bisa menggunakan sinyal 4G.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"