9 Negara Ini Memutuskan Blokir Aplikasi TikTok: Apa Alasannya?

9 Negara Ini Memutuskan Blokir Aplikasi TikTok: Apa Alasannya?

Kita tahu kalau TikTok menjadi aplikasi yang kian populer dan banyak  disukai. Tapi, tahukah kamu kalo ternyata ada lho beberapa negara yang justru memblokir aplikasi ini? Beberapa negara tersebut memblokir TikTok lantaran sudah punya media sosial lain yaitu ByteDance.

TikTok pun diblokir karena adanya masalah privasi maupun keamanan dunia maya. Nah, belum lama ini, Belgia menjadi daftar wilayah baru yang melarang masyarakatnya menggunakan TikTok. 

Banyak para ahli yang  merasa cemas bila informasi sensitif bisa terungkap bila menggunakan TikTok, khususnya perangkat milik pemerintah.

Dan memang hanya ByteDance saja yang  menegaskan kalo mereka gak akan membagikan data penggunanya ke pemerintah China. Mereka menjelaskan jika itu semua dilakukan secara independen. 

Berikut ini adalah daftar negara yang memutuskan untuk memblokir TikTok:

1. Uni Eropa

Ilustrasi orang sedang membuka aplikasi TikTok (selular.id)

Tiga badan teratas Uni Eropa yaitu The European Parliament, European Commission, dan the EU Council, sudah melarang stafnya untuk menggunakan TikTok. Peraturan ini bakal berlaku pada 20 Maret mendatang.

2. Belgia

Belgia juga termasuk ke dalam daftar pemblokiran TikTok karena khawatir soal keamanan dunia maya maupun privasi. Namun, aplikasi yang punya ByteDance ini menjelaskan bakal siap bertemu dengan para petinggi di Belgia untuk meluruskan kesalahpahaman. 

3. Denmark

Kementerian Pertahanan Denmark juga belum lama memutuskan untuk melarang penggunaan aplikasi TikTok sebagai bentuk keamanan siber. Mereka juga menyuruh seluruh timnya untuk menghapus aplikasi tersebut di HP.

4. Amerika Serikat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"