Sebentar Lagi AS Bakal Larang Penggunaan TikTok, China Beri Peringatan

Sebentar Lagi AS Bakal Larang Penggunaan TikTok, China Beri Peringatan

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat sudah meluluskan undang-undang soal larangan penggunaan TikTok. Dan China pun memberikan peringatan kepada AS. 

RUU yang dibuat AS memberikan 6 bulan kepada perusahaan induk TikTok yaitu ByteDance untuk menjual saham atau aplikasi tersebut akan diblokir di AS. Pada intinya, TikTok harus putus hubungan apapun dengan China.

Parlemen AS sendiri sudah lama cemas terhadap aplikasi TikTok karena merupakan milik perusahaan yang terikat dengan Partai Komunis China.

Ilustrasi orang menggunakan TikTok (via pexels)

Dilansir dari BBC, China memberi peringatan soal larangan TikTok yang dianggap berdampak buruk. uru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, menuduh AS menindas TikTok walau AS tak pernah menemukan bukti bahwa TikTok mengancam keamanan nasional.

"Perilaku penindasan yang tak bisa menang dalam persaingan sehat ini mengganggu aktivitas bisnis normal perusahaan, merusak kepercayaan investor internasional terhadap lingkungan investasi, dan merusak tatanan ekonomi dan perdagangan internasional yang normal. Pada akhirnya, ini pasti akan merugikan Amerika Serikat sendiri," katanya.

Pihak media di China juga kerap menampilkan berbagai kartun yang menyindir AS dalam pelarangan penggunaan TikTok. Meski demikian, TikTok juga sebenarnya dilarang di China. Para warga di sana menggunakan aplikasi mirip dengan TikTok yaitu Douyin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"