Suka Keseleo Lidah Saat Bicara, Isyana Sarasvati Cerita Sebabnya

Suka Keseleo Lidah Saat Bicara, Isyana Sarasvati Cerita Sebabnya

Isyana Sarasvati  merupakan sosok penyanyi yang unik. Selain memiliki wajah cantik dan suara merdu, ternyata Isyana mempunya ciri khas yang dikenali masyarakat yakni kebiasaan salah bicara. Dalam beberapa kesempatan baik sedang bicara atau bernyanyi, Isyana alami keseleo lidah.

Misalnya ada satu momen ketika Isyana jadi bintang tamu Tonight Show NETTV. Saat berbincang dengan host Vincent dan Desta, Isyana beberapa kali mengucap kata yang salah dan bikin bingung. Isyana menyebut kata “benul” atau yang dia maksud adalah “betul”. Termasuk ketika salah menyanyikan lirik lagu di panggung.

Dilansir dalam channel YouTube NET Family, Isyana menceritakan penyebabnya kenapa dia suka salah saat bicara. “Memang suka keseleo karena antara apa yang dipikiran dan diucapkan berbeda, yang diucapkan kecepatan begitu,” jelas Isyana. “Pernah juga ngobrol soal album Afgan, saya mau menyingkat kata malah keluarnya berbeda,” kenangnya.

Suka Keseleo Lidah Saat Bicara, Isyana Sarasvati Cerita Sebabnya (Hops.ID)

Kebiasaan dirinya suka keseleo lidah ditanggapi santai oleh Isyana. Ia pun beberapa kali melakukan kesalahan bicara ketika sedang bernyanyi di panggung. “Kalau lupa lirik mah gampang tinggal kasih microphone ke penonton, kalau salah bicara itu yang suka bingung,” tuturnya.

Banyak warganet sempat mempertanyaan kebiasaan lucu Isyana. Ada yang menduga Isyana mengidpa gangguan yang disebut Spoonerisme. Dilansir dari Grid.ID, Spoonerisme adalah kesalahan bicara yang berkaitan dengan transposisi fonetik dalam hal mana huruf mati, huruf hidup, atau morfem terbolak-balik tempatnya.

Spoonerisme ini biasanya muncul dari bagian selip lidah atau slip of the tongue yang timbul karena lidah penutur keseleo yang biasanya dipicu oleh kegugupan, terlalu cepat berbicara karena kurangnya daya konsentrasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"