Punya Rumah Bak Istana, Tarif Ceramah Ustaz Solmed Rp 200 Juta?

Punya Rumah Bak Istana, Tarif Ceramah Ustaz Solmed Rp 200 Juta?

Rumah Ustaz Solmed di Bogor, Jawa Barat memiliki lahan 4.000 meter persegi memang sangat mewah dan megah. Di rumah tersebut banyak fasilitas yang bikin orang jadi ‘ngiri’ deh. Sebut saja ada pom bensin, arena permainan anak, lapangan futsal, dan salon. Memang berapa sih tarif sekali ceramah Ustaz Solmed?

Dalam obrolannya dengan Atta Halilintar di kanal YouTube AH beberapa waktu lalu, Solmed ditanya soal tarif ceramah yang didapatkan sehingga bisa membangun rumah yang mewah. Suami April Jasmine ini selalu bertanya kepada pihak yang memanggilnya terkait bayaran yang diberikan untuknya.

“Makanya pertama kali ditanya itu soal bayaran. Kamu punya berapa? Nyiapin (uang) berapa?,” kata Solmed. Solmed bercerita suatu hari dia mendapatkan bayaran mencapai Rp 200 juta ketika berdakwah di daerah Sulawesi.  Memang Solmed tidak mematok bayaran dan menyerahkan kepada pihak yang mengundangnya.

Ustaz Solmed (POPMAMA.com)

Solmed masih ingat ketika sedang bersiap pulang dari Sulawesi, perwakilan pihak tersubut memberikan informasi kepadanya bahwa sudah mentransfer uang Rp 200 juta ke rekening Solmed. “Andai gue nyebut gue nggak tega nyebut segitu (Rp 200 juta). Tapi begitu nggak nyebut itu adalah rezeki, gue nggak bisa menyebutkan, yang bijaksana, bijaksini,” ujar Solmed.

Solmed meluruskan pemberitaan dan kabar miring bahwa dirinya mematok tarif untuk sekali ceramah. Solmed mengaku siap tidak dibayar ketika menghadiri sebuah ceramah dan berdakwah di tempat tersebut. “Ceramah nggak perlu dibayar. Buktinya elo (Atta Halilintar) datang  gue ceramah tentang ilmu gratis kok,” tuturnya.

Tetapi Solmed mengatakan seandainya ada orang yang ingin memberikan uang kepadanya bukan karena membayar ilmu agama yang dimiliki Solmed, melainkan sesuatu yang menjadi haknya yakni tenaga, pikiran, rasa lelah, transportasi, dan sebagainya. “Begitu gue keluar, elo bayar tenaga gue, itu hak gue,” tambahnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"