Urutan Tingkatan Sabuk dalam Taekwondo

Urutan Tingkatan Sabuk dalam Taekwondo

Taekwondo adalah jenis bela diri terkenal di Indonesia. Meski berasal dari Korea namun banyak orang Indonesia dari anak-anak hingga orang dewasa mendalaminya. Termasuk mengetahui urutan tingkatan sabuk dalam taekwondo. Sabuk taekwondo memiliki warna berbeda-beda sesuai tingkatannya. 

Biasanya orang yang akan naik tingkat atau mengganti warna sabuk harus melakukan ujian yang sangat berat. Ujian Kenaikan Tingkat atau UKT bertujuanuntuk menguji dan mengevaluasi dalam proses naik tingkat ke sabuk selanjutnya. Dalam penilaian UKT adalah pukulan, tangkisan, tendangan, rangkaian gerakan taekwondo, dan fighting atau sparring. Berikut urutan tingkatan sabuk di taekwondo.

Sabuk Putih

Sabuk putih adalah warna sabuk yang merupakan dasar dalam taekwondo.Orang yang memakai sabuk putih adalah pemula. Biasanya selama menggunakan sabuk putih, seseorang hanya mendapatkan materi dasar taekwondo yang disebut gibon.

Urutan Tingkatan Sabuk Taekwondo (Banjarmasin Post)

Sabuk Kuning

Di atas sabuk putih ada sabuk kuning. Warna sabuk taekwondo ini melambangkan bumi dimana tanaman bertunas akan tumbuh. Sabuk kuning masih diajarkan dasar-dasar taekwondo dengan semakin mendalami materi gibon 2 dan gibon 3.

Sabuk Hijau

Sabuk hijau adalah tingkatan di atas sabuk kuning. Sabuk hijau dimaknai sebagai tunas karena filososfi sabuk hijau adalah tunas yang sudah tumbuh dan menjadi pohon kuat. Teknik dasar yang dipelajari biasanya taeguk 2.

Sabuk Biru

Sabuk biru bisa dibilang menjadi tingkatan menengah. Orang yang mendalami taekwondo harus bisa memahami teknik dan ilmu yang diajarkan yakni taeguk 4. Sabuk biru berada di bawah sabuk merah yang merupakan tingkatan cukup tinggi dalam taekwondo.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"