Tongkat Biliar: Begini Sejarah Adanya Tongkat Biliar Alias Tongkat Cue

Tongkat Biliar: Begini Sejarah Adanya Tongkat Biliar Alias Tongkat Cue

Di permainan bola dan tongkat luar abad ke-15 (mis. Golf, kroket) berkembang menjadi permainan bola dan tongkat dalam ruangan. Pemain menggunakan item yang mirip dengan klub golf yang disebut gada. 

Gada mirip dengan tongkat golf dengan tubuh silinder panjang dan kaki lebar. Itu digunakan untuk mendorong bola di atas meja daripada memukul bola. 

Namun pemain menemukan kesulitan ketika bola berada di atas bantal rel; mereka berimprovisasi dan membalikkan gada dan menggunakan ujung ekor untuk memukul bola. Cue nama sebenarnya berasal dari kata Perancis "antrian" yang berarti ekor.

Sejarah tongkat biliar atau Cue

Sejarah tongkat biliar atau Cue Tongkat cue (id.wikihow.com)

Pada tahun 1800, Cue hanya digunakan oleh "pemain terampil". Pemain pemula diharuskan untuk tetap menggunakan tongkat karena pemain yang terampil merasa bahwa pemula akan salah menyelamatkan dan secara tidak sengaja merusak kain.

Jenis: Ada banyak jenis Cue; Cue one piece, Cue shorty, Cue dua potong, Cue tiga potong dan bahkan Cue empat potong. Cue one piece umumnya ditemukan di aula biliar. 

Cue one piece adalah Cue lurus yang terbuat dari sepotong kayu yang meruncing. Mereka dapat berkisar dalam ukuran dari 36 "-60", namun ada Cue yang disebut "Cue pendek". 

Cue shorty adalah tongkat one piece yang panjangnya 36 "-52" dan digunakan pada tabel di mana tidak ada jarak membelai yang cukup untuk menggunakan Cue 57 ". Cue dua dan tiga potong dipecah menjadi dua atau tiga potong. 

4 piece cue biasanya merupakan "cue lompat" atau "lompat cue". Tongkat cue juga dapat dibedakan berdasarkan permainan seperti; Pool, Carom dan Snooker.

Tongkat biliar (playcomparison.com)

Bagian: Biasanya ada enam bagian untuk tongkat biliar.

Shaft- Tongkat biliar secara keseluruhan dapat disebut sebagai poros. Semua batang meruncing di bagian ujung. Mereka bisa pro meruncing atau meruncing Eropa.

Tip-Tip dapat berupa slip-on, disekrup atau dilem. Dapat berkisar dari kekerasan dari sangat lunak ke sangat keras. Tips yang lebih lembut akan aus lebih cepat daripada tips yang sulit, tetapi akan menahan kapur lebih baik daripada yang sulit.

Ferrule- Ditemukan di ujung poros. Ini terutama digunakan untuk menahan ujung pada tempatnya dan untuk mencegah poros membelah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"