Teknik Dasar Main Bowling, Pemula Wajib Tahu 4 Hal Ini

Teknik Dasar Main Bowling, Pemula Wajib Tahu 4 Hal Ini

Olahraga bowling memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena bisa mengencangkan otot tubuh, menurunkan berat badan karena membakar lemak, dan membuat kesehatan mental lebih baik. Bagi pemula yang ingin main bowling harus mengetahui beberapa teknik dasar main bowling supaya dapat melakukan permainan dengan baik dan lancar. Apa saja teknik dasar tersebut?

Jalur Bowling

Teknik dasar pertama yang harus diketahui adalah jalur bola bowling. Jalur ini sangat penting dalam permainan bowling sebagar tempat jalannya bola bowling. Jalur bola ini memiliki panjang 18,288 meter dari garis pelanggaran atau disebut garis yang dekat dengan pemain. 

Di sebelah kanan dan kiri jalur bola ini ada parit. Saat bola bowling keluar dari jalur dan masuk ke parit dipastikan pemain tidak akan mendapatkan poin.Selain itu jika bola melompat keluar meski mengenai pin bowling tetap tidak akan mendapatkan angka.

Teknik Dasar Main Bowling (Pegipegi)

Pin Bowling

Teknik dasar main bowling terkait pin. Pin bowling terdiri dari 10 buah didirikan dalam formasi segitiga yang menghadap kepada pemain. Deretan pin bowling yakni pin bowling satu buah sebagai kepala pin, baris kedua ada dua pin, baris ketiga ada tiga pin, dan baris keempat atau baris terakhir dengan jumlah empat pin. 

Pin yang diletakkan di akhir jalur bowling diberikan nomor 1-10. Pin pada bagian belakang bernomor 7-10, dan pada baris ke depan bernomor 4-6. Pin baris kedua bernomor 2-3 , dan kepala pin bernomor 1. Pin tersebut memiliki nomor untuk memberikan pemain satu poin jika terjatuh usai terkena bola yang dilempar.

Istilah dalam Bowling

Istilah dalam bowling juga harus diketahui oleh pemain bowling pemula. Misalnya strike yakni digunakan ketika menjatuhkan pin pada lemparan pertama. Lalu ada spare yaknik digunakan saat pemain menjatuhkan pin dalam lemparan kedua. 

Split adalah istilah yang menyebut lemparan pertama yang menjatuhkan kepala pin, namun menyisakan 2 atau lebih yang tidak berdekatan. Juga ada turkey yang merupakan istilah ketika pemain melakukan strike tiga kali berturut-turut. Dan terakhir open frame yakni digunakan untuk menyebut pin yang tersisa setelah giliran pemain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"