Orang Gemuk Harap Hindari Olahraga Lari, Ternyata Karena Alasan Ini

Orang Gemuk Harap Hindari Olahraga Lari, Ternyata Karena Alasan Ini

Selain murah dan bisa dilakukan di mana saja, olahraga lari juga melatih semua otot tubuh dan membakar banyak kalori. Sayangnya, nggak semua orang aman melakukan olahraga ini, lho. Mereka yang termasuk kegemukan ataupun obesitas justru tidak disarankan melakukan olahraga lari.

Menurut instruktur kebugaran, Ponnie, dari Gold's Gym, berlari justru membuat lutut orang kegemukan lebih rentan cedera.

Lari merupakan Olahraga yang Kurang Cocok untuk Orang yang Obesitas (KlikDokter)

"Lari memang baik untuk menurunkan berat badan, tapi kalau masih kelebihan berat badan sebaiknya tidak lari dulu. Saat berlari, lutut akan menopang hingga lima kali berat tubuh. Misalnya saja, kalau orang tersebut memiliki bobot 100 kilogram, dengan berlari, ia akan membebani lututnya 300-500 kilogram," ungkapnya dikutip dari Kompas.com (12/10/2021).

Namun, bukan berarti orang dengan berat badan sekitar 100 kilogram tidak boleh berlari, ya Gengs. Ponnie mengatakan, kelebihan berat badan bukan diukur berdasarkan berat badannya saja, tetapi juga melihat pada proporsi tubuhnya.

"Jika tubuhnya tinggi, berat badan 100 kilogram tidak berarti kelebihan berat badan, jadi boleh saja berlari," ujarnya.

Tetapi secara umum, olahraga yang disarankan untuk orang yang berkelebihan berat badan, menurut Ponnie, adalah berjalan cepat, bersepeda, berenang, dan senam aerobik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"