Nasib Malang Olimpiade Tokyo, Pertama Kalinya Dalam Sejarah Penundaan Karena Wabah

Nasib Malang Olimpiade Tokyo, Pertama Kalinya Dalam Sejarah Penundaan Karena Wabah

Olimpiade Tokyo resmi ditunda. Hal ini udah lama diperkirakan karena krisis global yang disebabkan wabah Covid-19 atau virus corona. Gak mungkin pertandingan diadakan di stadion tanpa penonton dan ribet karena harus pakai pengaman.

Pertandingan Olimpiade ditunda setelah diskusi antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Thomas Bach, Presiden Komite Olimpiade Internasional. Mereka berdua sepakat bahwa membatalkan permainan adalah yang terbaik.

Olimpiade Tokyo resmi ditunda (kentuckysportsrad)

Penundaan ini pertama kalinya dalam sejarah meskipun pernah juga dibatalkan tiga kali pada abad kedua puluh. Pengumuman ini disambut baik oleh semua orang.

Kalau pertandingan tetep diadakan di Tokyo, bisa menimbulkan risiko kesehatan masyarakat. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyatakan, "Saya tahu ini sangat menyedihkan bagi banyak orang. Atlet, pelatih, staf, dan penggemar, tetapi ini benar-benar keputusan yang tepat." Dikutip dari Ancient-origins.net

Banyak negara udah memutuskan untuk mundur dari Olimpiade Musim Panas, termasuk Australia dan Kanada. Sebuah konferensi video diadakan antara anggota G-7 dan telah disetujui secara informal untuk menunda pertandingan.

Berita penundaan ini menyebabkan kerugian besar di Jepang, yang telah menginvestasikan miliaran dolar. Belum ada kepastian ada kapan Olimpiade Musim Panas bakal diadakan. Kemungkinan sampai tahun 2021.

Kerugian besar untuk Jepang (variety.com)

Pertandingan Olimpiade Kuno dimulai pada abad ke 8 SM dan berlanjut sampai tahun 339 M ketika dilarang oleh Kaisar Romawi Theodosius I. Pertandingan diadakan di Olympia, di Yunani dan gak cuma perayaan olahraga tapi juga festival keagamaan dan budaya yang penting.

Diadakan setiap empat tahun dan disertai oleh Gencatan Senjata Suci, yang berupaya mengurangi konflik di antara orang-orang Yunani yang bertikai. Pertandingan Olimpiade kuno tidak pernah dibatalkan atau ditunda dan diadakan bahkan "selama perang Persia dan Peloponnesia" menurut situs web Olimpiade Kuno.

Kadang-kadang, Gencatan Suci dirusak oleh pasukan yang bertikai, tapi permainan tetap berjalan. Ini karena kepentingan keagamaan festival itu. Pertandingan Olimpiade adalah festival keagamaan untuk menghormati Raja para Dewa, Zeus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"