Penggila olahraga balap motor dunia pasti mengenal siapa Max Biaggi. Legenda tersebut akan kembali berkompetisi di Kejuaraan Dunia MotoGP 2019. Apakah dia masih akan membalap?

Max Biaggi akan kembali ke panggung balap dunia. Namun bukan untuk membalap lagi seperti pada masa kejayaannya. Melainkan sebagai pemilik tim balap motor. Mengikuti jejak Valentino Rossi, Biaggi akan ikut berkompetisi di Kejuaraan Dunia MotoGP 2019. Pebalap veteran asal Italia itu bakal memimpin tim balapnya di kelas paling rendah Moto3. Biaggi merekrut Aron Canet untuk menjadi pebalap Max Racing Team.

Max Racing Team juga berkolaborasi dengan Schedl GP Racing yang telah lama menunjukkan kiprahnya di Kejuaraan Dunia Grand Prix (GP) dengan menurunkan Philipp Oettl yang berhasil memenangi balapan di Jerez, Spanyol pada musim 2018 lalu. Cikal bakal Max Racing Team bermula pada tahun 2016 silam. Pada saat itu Max Racing Team tampil di Italian CIV Moto3 dan FIM Junior World Championship. Dengan bekal pengalaman yang telah dimiliki, Biaggi pun percaya diri untuk tampil di Kejuaraan Dunia Moto3 garapan Dorna Sports.

Max Biaggi (corsedimoto.com)

Dengan mesin Moto3 2019 dari KTM, Biaggi yakin Canet bisa menjadi pesaing utama untuk para kompetitornya. Meski tidak mudah bagi Canet. Pasalnya, di tiga musim sebelumnya Canet membalap dengan motor Honda bersama Estrella Galicia 0,0 Racing Team. Dan kini pebalap Spanyol itu akan memulai debutnya dengan mesin KTM. Posisi Canet sendiri untuk menggantikan Oettl yang naik ke kelas Moto2 bersama Tech 3 Racing.

“Saya senang karena ketika kami berada di kejuaraan yang lebih kecil kami memiliki mimpi untuk pergi ke yang lebih besar. Akhirnya dalam beberapa bulan kami akan mulai pengujian untuk tahun ini. Ini semacam adrenalin murni," ungkap Biaggi.

“Tentu saja, pebalap itu baik tetapi kita harus memberinya struktur yang baik, paket yang bagus untuk membuatnya tampil di level tinggi. Saya berharap bahwa tim dengan pebalap ini -Canet- bisa menjadi berita besar, tetapi Anda tidak pernah tahu. Saya tidak ingin mengatakan sesuatu yang menciptakan harapan tinggi, yang sulit untuk dikelola."

Max Biaggi dan tim (insella.it)

“Saya kira Canet adalah pebalap yang baik dan saya melihat tahun ini kinerjanya sedikit naik turun. Jika kita bisa memberinya keteraturan, stabilitas, dia bisa menjadi orang yang berjuang untuk kejuaraan," sambung Biaggi yang merupakan mantan rival Valentino Rossi.

Mengenai posisinya di dalam struktur, Biaggi menjelaskan, “Peran utama saya adalah bersama Aprilia sebagai duta besar. Itu sebabnya saya tidak bergabung dengan mereka -Max Racing Team- secara langsung, karena prioritas saya adalah bersama Aprilia."

“Seperti pemilik tim yang lain, saya menempatkan struktur saya dengan orang-orang saya dan, katakanlah, sisi ekonomi datang dari saya. Tapi saya tidak harus menjadi 100 persen dalam tim saat kita berlomba. Ini seperti apa yang dilakukan Rossi, atau tim lain," tutup Biaggi.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations