Kronologi Pesepakbola Argentina Dilarang Ikut Kompetisi Seumur Hidup Pasca Pukul Wasit Wanita

Kronologi Pesepakbola Argentina Dilarang Ikut Kompetisi Seumur Hidup Pasca Pukul Wasit Wanita

Pesepakbola  Argentina, Cristian Tirone menuai kecaman keras dan mendapat hukuman berat buntut dari pemukulan yang dilakukannya pada seorang wasit wanita bernama Dalma Cortadi. Pihak kepolisian juga langsung menangkap Cristian. Momen pemukulan ini viral setelah dibagikan akun Twitter @nandotocho.

Seperti dikutip dari ESPN, insiden ini terjadi saat pertandingan Divisi Ketiga Liga Argentina antara Deportivo Garmense dan Deportivo Independencia di Tres Arroyos, Buenos Aires yang berlangsung pada Minggu, 31 Juli 2022 waktu setempat.

Mulanya, Cortadi melayangkan kartu kuning pada salah satu pemain Garmense. Nampaknya, Tirone  tidak terima dengan keputusan Cortadi untuk rekannya tersebut. Pesepakbola 34 tahun itu lantas berlari dan langsung menyarangkan pukulan ke arah leher sang wasit. Sontak saja, Cortadi langsung jatuh tersungkur di lapangan.

Foto: Insiden Pemukulan Wasit (GiveMeSport)

Hakim garis dan asisten wanita langsung bergerak cepat menjauhkan Tirone dari Cortadi lantaran kahwatir akan kembali diserang. Tidak lama setelah pemukulan itu, pihak kepolisian langsung mengamankan Tirone yang masih terlihat begitu emosi.

Karena kejadian ini, laga dihentikan dan Cortadi dilarikan ke rumah sakit setelah merasa ingin muntah dan pusing. Dia pun sempat mendapat perawatan selama beberapa jam. Terkait insiden ini, wasit 30 tahun itu berharap peristiwa pemukulan yang dialaminya tidak terjadi lagi. Bukan hanya pada para wasit wanita saja, tapi juga seluruh wasit laki-laki.

“Saya terjatuh setelah dipukul (dari belakang) dan saya tidak bisa mengingat apapun setelah itu. Saat terbangun, saya masih merasa pusing dan saya seperti ingin menyerah. Kejadian semacam ini tidak boleh terjadi lagi,” kata Cortadi. “Tidak soal jenis kelamin, ini terjadi pada saya sebagai wanita dan terkadang itu juga dialami oleh kalangan pria,” sambungnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"