Deretan Fakta Unik Pele, Legenda Sepak Bola yang Meninggal Dunia

Deretan Fakta Unik Pele, Legenda Sepak Bola yang Meninggal Dunia

Edson Arantes do Nascimento alias Pele meninggal dunia pada Kamis (29/12) waktu Brasil. Legenda sepak bola itu menghembuskan napas terakhir pada usia 82 tahun karena menjalani perawatan akibat kanker usus besar. Kondisi kesehatan Pele makin tidak stabil karena kegagalan beberapa organ akibat masalah kanker usus besar yang sudah parah.

Sebelum meninggal, Pele memang sering dirawat di rumah sakit. Saat masih aktif sebagai pemain sepak bola, Pele berada dalam posisi penyerang yang sudah membawa Brasil menjadi juara dunia yakni tahun 1958, 1962, dan 1970. Karena aksi memukaunya di lapangan hijau membuat Pele menjadi salah satu pemain bola terbaik yang pernah ada di jagat raya. Berikut beberapa fakta unik tentang Pele.

Dibesarkan dalam Keluarga Miskin

Pele ternyata dibesarkan dalam keluarga yang miskin. Meskipun akhirnya status sosial keluarga Pele berubah setelah ayahnya Dindinho menjadi pemain sepak bola di beberapa klub Brasil seperti Atletico Mineiro dan Fluminense. Pele kecil pun tertarik mengikuti jejak sang ayah jadi pemain sepak bola.

Pele sering dilatih oleh ayahnya bermain sepak bola. Bahkan ketika keluarga Pele belum mapan, Pele tidak bisa membeli kaus kaki untuk berlatih sepak bola. Akhirnya Pele memutuskan untuk memakai koran dan buah jeruk besar sebagai pengganti kaus kaki.

Deretan Fakta Unik Pele, Legenda Sepak Bola yang Meninggal Dunia (Bola Okezone)

Cetak Ribuan Gol

Selama berkarir sebagai pemain di klub dan timnas Brasil, kabarnya Pele sudah mencetak banyak gol. Terhitung Pele sudah membobol gawang lawan sebanyak 1.238 kali. Rasanya rekor tersebut akan sulit dipecahkan oleh pemain sepak bola lain. 

Sebab saat usianya masih 15 tahun, Pele sudah bergabung dengan klub Santos dan karirnya semakin menjulang karena kerap mencetak hattrick dan banyak gol. Total Pele telah melakukan hattrick sebanyak 129 kali selama jadi pemain sepak bola profesional.

Asal Usul Nama Pele

Lahir dengan nama cukup panjang, ternyata nama Pele memiliki makna yang cukup dalam baginya. Nama Pele berasal dari candaan teman-teman karena dia tidak bisa mengucap nama penjaga gawang Brasil yang bernama Bile. Pele malah mengucapkan nama Bile dengan sebutan Pele. Akhirnya teman-temannya di timnas Brasil memanggilnya dengan sebutan Pele.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"