Benarkah Langsung Olahraga Setelah Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Pendarahan Hebat? Begini Penjelasannya!

Benarkah Langsung Olahraga Setelah Cabut Gigi Bisa Menyebabkan Pendarahan Hebat? Begini Penjelasannya!

Olahraga  memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Tapi ternyata, seseorang tidak disarankan untuk terus-menerus olahraga. Rupanya, ada kondisi tertentu yang tidak memperbolehkan seseorang untuk berolahraga.

Salah satunya adalah ketika orang tersebut selesai melakukan prosedur cabut gigi , entah untuk kerusakan gigi, trauma kecelakaan ataupun alasan estetika. Walaupun cabut gigi terbilang prosedur kecil, tapi tindakan tersebut membutuhkan waktu untuk bisa kembali pulih sepenuhnya.

Sehingga, kegiatan berat seperti olahraga dikhawatirkan bisa mengganggu proses penyembuhan. Bahkan dapat berisiko menyebabkan kompilkasi yang berat loh! Dilansir dari Mayoclinic, olahraga mengaktifkan sistem saraf simpatik yang salah satu manifestasinya adalah meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh.

Foto: Ilustrasi Olahraga (Tempo.co)

Walaupun bersifat sementara, namun hal ini bisa berisiko untuk memicu pendarahan di area ekstraksi gigi. Kondisi pendarahan yang berlangsung terus menerus akan mengganggu proses pembekuan darah yang pada akhirnya membuat pemulihan luka menjadi lebih sulit.

Terlebih kalau terus berkembang menjadi dry socket atau komplikasi yang menimbulkan nyeri hebat setelah cabut gigi. Untuk mencegah komplikasi tersebut, seseorang dianjurkan untuk istirahat sebanyak mungkin dan menghindari aktivitas apapun selama 24 jam setelah tindakan dilakukan.

Setidaknya, kamu perlu waktu menunggu satu minggu sebelum kembali olahraga. Akan tetapi, hal ini tergantung pada kondisi dan kompleksitas prosedur cabut gigi yang dialami setiap orang. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter kapan kamu bisa memulai olahraga lagi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"