Begini Asal-Usul Bonek, Suporter Fanatik dari Surabaya yang Dikenal Nekat Banget

Begini Asal-Usul Bonek, Suporter Fanatik dari Surabaya yang Dikenal Nekat Banget

Bonek atau bondho nekat yang artinya modal nekat adalah suporter  sepak bola dari Surabaya, Jawa Timur. Asal-usul bonek sendiri tercetus pada 1987. Berbagai versi munculnya sebutan Bonek memiliki sejarah yang cukup panjang seiring langkah tim Persebaya Surabaya di kancah kompetisi Indonesia.

Pada era perserikatan, Persebaya lolos ke final melawan Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno yang dulu masih bernama Stadion Utama Senayan. Kala itu suporter Persebaya datang ke Jakarta  secara mandiri tanpa ada kordinasi.

Puluhan ribu suporter asal Surabaya datang ke ibu kota dan tidak memegang tiket. Jangankan tiket pertandingan, uang untuk menginap dan makan saja mereka tidak punya. Akhirnya para suporter asal Surabaya itu terlantar di Jakarta.

Suporter Bonek (Kompas.com)

Dilansir dari Kompas.com, sebutan nama Bonek tersebut muncul dari pengusaha Dahlan Iskan yang memang menjadi penggemar Persebaya. Dahlan menyebut suporter Persebaya itu dengan sebutan Bonek atau bondho nekat karena nekat datang ke ke luar kota namun tak memiliki modal.

Karena hanya punya modal nekat saja, membuat para bonek dicap negatif. Mereka diduga sempat melakukan aksi kejahatan demi mendapatkan uang demi bisa menyambung hidup selama mendukung Persebaya di berbagai daerah di Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"