Apakah Hewan Peliharaan Perlu Olahraga? Begini Aturannya

Apakah Hewan Peliharaan Perlu Olahraga? Begini Aturannya

Hewan peliharaan ternyata diperbolehkan untuk berolahraga. Sama seperti manusia, hewan yang melakukan olahraga bisa mendatangkan kesehatan karena bisa membantu hewan dalam membakar energi. Kondisi ini membuat hewan peliharaan tidak gelisah dan bisa tidur dengan nyenyak pada malam hari.

Olahraga untuk hewan peliharaan juga bisa merangsang otak hewan tersebut. Tidak semua hewan peliharaan bisa diajak melakukan olahraga, misalnya kucing tentu tidak mungkin diajak berolahraga lari atau berjalan cepat. Meski demikian usahakan kucing diajak olahraga ringan agar tubuhnya dibiasakan bergerak.

Cara hewan peliharaan olahraga sebenarnya mudah saja. Misalnya bagi kamu yang memiliki hewan peliharaan anjing. Ajaklah anjing peliharaan bermain dengan mengajar bola dan berlarian. Usahakan melakukan olahraga ini di luar rumah dan tempat yang cukup luas seperti pekarangan rumah atau lapangan.

Hewan Peliharaan Perlu Olahraga (IDN Times)

Permainan mengejar bola dan berlarian sangat cocok untuk hewan peliharaan berolahraga karena selain membakar energi karena melakukan aktivitas fisik, hewan peliharaan secara langsung untuk melatih tubuh dan otak mereka.

Jika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat, jangan memaksakan diri untuk berolahraga di luar rumah. Kamu bisa mengajaknya olahraga di dalam rumah. Tapi usahakan hewan peliharaan bisa tetap bergerak dan tidak berdiam diri. Misalnya cara sederhana dengan meminta hewan mencari barang yang kamu sembunyikan.

Sebenarnya selain hewan peliharaan masih ada beberapa jenis hewan yang ada dalam bagian olahraga, tentu yang paling terkenal adalah berkuda. Di banyak negara di dunia juga ada olahraga unik yang menggunakan bantuan hewan. Misalnya polo gajah. Jika biasa polo air dimainkan manusia di dalam kolam renang, di Thailand ada olahraga polo gajah dimana gajah ditunggangi manusia untuk menggiring bola dan mencetak angka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"