5 Pertandingan Final Piala Dunia Paling Menegangkan Sepanjang Sejarah

5 Pertandingan Final Piala Dunia Paling Menegangkan Sepanjang Sejarah

Final Piala Dunia 2022 Qatar sebentar lagi. Dua tim dari dua negara terbaik akan berlaga memperebutkan gelar juara dunia. Sepanjang sejarah Piala Dunia berlangsung terdapat beberapa pertandingan final yang dinilai cukup seru dan menegangkan. Bahkan beberapa harus diselesaikan lewat babak tambahan waktu hingga adu pinalti. 

Piala Dunia 2010

Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan menampilkan dua negara di babak final, yakni Belanda menghadapi Spanyol. Kedua tim kuat Eropa itu mengakhiri pertandingan sampai babak tambahan waktu atau bermain selama 120 menit. Spanyol memenangkan pertandingan final dengan skor 1-0 lewat gol Andres Iniesta di menit ke-116.

Pertandingan Belanda lawan Spanyol juga menjadi salah satu pertandingan final paling keras karena terdapat banyak pelanggaran. Bahkan wasit yang memimpin laga harus mengeluarkan sebanyak 13 kartu kuning dan 1 kartu merah, masing-masing untuk 5 pemain Spanyol dan 7 pemain Belanda (akumulasi dua kartu kuning).

5 Pertandingan Final Piala Dunia Paling Menegangkan Sepanjang Sejarah (BolaSport.com)

Piala Dunia 2006

Italia memang tidak jadi peserta Piala Dunia 2022. Namun negara ini berhasil menjadi juara dunia pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Kala itu Italia berhasil mengalahkan Prancis lewat babak adu pinalti. Dalam waktu 120 menit, kedua tim berbagi hasil imbang 1-1. 

Pertandingan final tersebut juga dikenang usai insiden tandukan kepala Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi yang menyebabkan Prancis harus bermain dengan 10 orang setelah Zidane mendapatkan kartu merah.

Piala Dunia 1994

Masih soal timnas Italia. Pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, tim azzuri gagal menjadi juara dunia. Dalam final Piala Dunia saat itu Italia kalah dari Brasil lewat babak adu pinalti. Tendangan pemain Italia, Roberto Baggio yang melambung tinggi memastikan kemenangan Brasil dan menjadi juara dunia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"