20 Februari: Liga Utama Inggris Dibentuknya, Berikut Fakta-faktanya!

20 Februari: Liga Utama Inggris Dibentuknya, Berikut Fakta-faktanya!

Liga Utama Inggris Dibentuk

Liga Utama Inggris sering disebut juga sebagai Liga Premier Inggris. Ini merupakan liga tertinggi di sistem liga sepak bola Inggris. 

Liga ini pertama dibentuk pada 20 Februari 1992 yang akhirnya menjadi liga sepakbola paling populer di dunia. Yuk, kita simak sejarah Liga Utama Inggris berikut ini.

Sebelum berdiri Liga Utama Inggris, udah ada liga-liga lainnya. Kebutuhan akan kompetisi liga sepakbola dari dulu memang terus mencuat.

Di tahun 1888 misalnya, dibentuk Football League. Kompetisi ini pertama dibentuk sama direktur Aston Villa waktu itu yakni William McGregor.

Liga Utama Inggris (foxsport.com.au)

Kemudian di tahun 1905-1906, klub yang gabung makin bertambah menjadi 40 klub. Sementara di tahun 1924 menjadi 88 klub.

Premier League (inews.id)

Barulah di tahun 1991-1992, ada proposal diajukan untuk membuat liga baru yang bakal ngasih keuntungan lebih. Pada 17 Juli 1991, ini disetujui oleh The Founder Members Agreement untuk membentuk liga baru bareng FA Premier League atau Liga Utama Inggis.

Saat itu, Premier League dapet keuntungan finansial yang besar dari hak siar TV Sky Sports dan sponsor  lainnnya. Akhirnya, klub-klub Premier League jadi lebih kaya dan mampu bersaing dengan klub Eropa lainnya.

Liga Utama Inggris juga jadi kompetisi utama di sistem Liga Inggris. Sementara itu, Football League punya 4 divisi yang berada di bawah kasta Premier League.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"