Viral! Aksi Anak-Anak Sekolah Di Korea Utara Nyanyikan Lagu Halo Halo Bandung, Ternyata Gini Faktanya

Viral! Aksi Anak-Anak Sekolah Di Korea Utara Nyanyikan Lagu Halo Halo Bandung, Ternyata Gini Faktanya

Pengguna media sosial mendadak dikejutkan dengan video viral yang memperlihatkan anak-anak sekolah di Korea Utara tengah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia berjudul Halo Halo Bandung karya Ismail Marzuki. Namun banyak netizen yang meragukannya.

Hal ini karena Korea Utara dikenal sebagai negara yang sangat tertutup dengan budaya dari luar negaranya. Bahkan Pemerintah Korea Utara tidak segan untuk memberikan hukuman berat pada warganya yang ketahuan membawa budaya luar ke negara mereka.

Namun dalam video yang diunggah akun Instagram @faktaunikk7, terlihat anak-anak itu membentuk paduan suara menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia. Tampak pula di belakang anak-anak itu foto dua penguasa Korea Utara, Kim Il Sung dan Kim Jong Il.

Anak Korea Utara Nyanyikan Halo Halo Bandung (Instagram)

Lagu Halo-Halo Bandung yang anak-anak itu bawakan pun tidak hanya disajikan dengan fasih, tapi juga penuh dengan kekompakan. Lagu Halo Halo Bandung yang begitu populer dan dikenal ini yang lantas jadi sorotan utama dalam penampilan mereka.

Seiring dengan ini, faktanya diketahui bahwa anak-anak yang menyanyikan lagu tersebut adalah murid dari Sekolah Ryulgok di Pyongyang, ibukota Korea Utara. Sekolah ini terletak sekitar 2 meter dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Pyongyang. 

Adapun Sekolah Ryulgok dikenal dengan sejarah panjang sebagai sekolah persahabatan Korea Utara dan Indonesia sejak tahun 1980. Dalam beberapa dekade terakhir, Sekolah Ryulgok sudah menerima penghargaan dari Presiden Kim Il Sung, Kim Jong Il dan Kim Jong Un, serta lembaga pemerintah lainnya. 

Penghargaan itu khususnya diberikan di bidang musik dan seni suara, prestasi mereka menjadi kebanggaan bagi negaranya. Ternyata selain Halo Halo Bandung, kelompok paduan suara itu juga menyanyikan lagu wajib nasional maupun lagu daerah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"