Kontroversi Lagu Helo Kuala Lumpur Yang Diduga Jiplak Halo Halo Bandung, Berikut Perbandingan Liriknya

Kontroversi Lagu Helo Kuala Lumpur Yang Diduga Jiplak Halo Halo Bandung, Berikut Perbandingan Liriknya

Lagu nasional Halo Halo Bandung tengah jadi perbincangan hangat netizen di media sosial. Hal ini setelah muncul kabar yang menyebut lagu ciptaan Ismail Marzuki itu dijiplak menjadi lagu berjudul Helo Kuala Lumpur. 

Di mana, nada dan melodi lagu berbahasa Melayu Malaysia tersebut dinilai begitu mirip bahkan persis dengan lagu Halo-halo Bandung. Kabar ini pertama kali dicuitkan akun @tanyakanrl pada Senin 11 September 2023.

Sang pemilik akun membagikan screenshot videp dari kanal YouTube bertajuk Lagu Kanak TV. "Parah sih ini. Pencurian hak cipta lagu. Lagu Halo Halo Bandung di ambil jadi Halo Kuala Lumpur," tulis akun itu di bagian caption.

Lagu Helo Kuala Lumpur Dituduh Plagiat (YouTube)

Jika ditelisik, perbedaan dari kedua lagu tersebut hanya terdapat di bagian lirik yang diubah beberapa baitnya. Di mana, lagu yang diunggah pada 27 Mei 2020 itu mengubah beberapa kata sapaan dari lirik Halo Halo Bandung,

Seperti di bait pertama, Halo Halo Bandung menempatkan kata 'Periangan' untuk julukan kota Kembang itu. Sementara di bait pertama, lagu Helo Kuala Lumpur mengganti kata 'Periangan' jadi 'Keriangan', yang dalam bahasa Melayu berarti penuh suka cita.

Kemudian di bait kedua, Helo Kuala Lumpur mengganti dua kata 'halo' di lagu Halo Halo Bandung jadi satu kata 'Helo', untuk mengisi kata Kuala Lumput. Lalu, lirik 'kota kenang-kenangan' sama sekali tidak diubah di bait kedua lagu Helo Kuala Lumpur.

Tak berhenti sampai di situ, lagu Helo Kuala Lumpur mengganti kata 'aku' untuk kata sapaan 'beta'. Dia juga mengubah kisah Bandung Lautan Api dengan beberapa kata lain untuk menggantikan rima selanjutnya di bait tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"